Nipah, Tumbuhan Serbaguna Yang Terbabat Pembangunan

0
123
Nipa tumbuh subur di muara sungai (foto: fall)

Jakarta, Klanews.id – Nipah adalah tumbuhan sejenis palem yang tumbuh subur di daerah payau dan masih dipengaruhi pasang surut. Tumbuhan ini dikenal sebagai tanaman serbaguna karena hampir semua bagiannya dapat dimanfaatkan. Tak jarang juga dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan ekonomi masyarakat.

Keberadaannya kini mulai terpinggirkan dan terancam akibat maraknya pembukaan tambak, perumahan dan aktivitas manusia lainnya. Nipah memilki fungsi ekologi yang sangat besar terhadap ekosistem pesisir. Keberadaannya berpengaruh terhadap organisme lain di sekitarnya.

Fungsi Ekonomi

Tumbuhan yang bernama latin Nypa fruticans ini, berbagai bagiannya sejak dahulu telah dimanfaatkan manusia. Daun nipah dapat dimanfaatkan untuk membuat atap yang banyak dijumpai sebagai bahan pembuatan rumah masyarakat pesisir. Juga dapat dianyam untuk dijadikan kerajinan seperti tikar, topi dan tas keranjang.

Dahulu, selain daun lontar, daun nipah juga dimanfaatkan sebagai media tulis yang dapat dilihat diberbagai naskah lama nusantara.

Lihat juga: Fenomena: Sejumlah Paus Mati Secara Misterius

Masyarakat pesisir juga memanfaatkan batang dan tangkai daun nipah sebagai kayu bakar. Lidinya dimanfaatkan sebagai sapu lidi dan berbagai anyaman. Air niranya disadap dan dijadikan gula nira atau difermentasi untuk dijadikan cuka dan tuak.

Tunas nipah dapat dimakan dan buah nipah yang masih muda dapat dijadikan semacam kolang-kaling untuk campuran minuman, kolak, maupun dijadikan manisan. Sedangkan bijinya yang telah tua dapat ditumbuk untuk diambil tepungnya.

Fungsi Ekologi

Hutan nipah mempunyai funsi ekologi sebagai daerah asuhan (nursery ground), mencari makan (feeding ground) dan pemijahan (spawning ground) bagi berbagai biota laut, tempat bersarangnya burung, habitat alami bagi berbagai jenis biota.

Nipah secara ekologi berfungsi sebagai perangkap sedimen yang terlarut dari sungai dan memperkecil erosi atau abrasi pantai. Menjaga intrusi air laut ke daratan, sehingga ketersediaan air tawar dapat terjaga. Penyaring kandungan logam berat yang berbahaya bagi kehidupan. Penyumbang unsur hara yang tinggi bagi flora dan fauna yang hidup di daerah tersebut. (RSP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here