Panganan Berbahan Dasar Mangrove dan Khasiatnya

0
81
Perajin memperlihatkan sejumlah makanan olahan yang dihasilkan dari buah mangrove (foto: analisadaily)

Jakarta, Klanews.id – Selain memiliki fungsi ekologi, mangrove juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber pangan. Masyarakat pesisir sudah sejak lama menggunakan mangrove sebagai bahan makanan. Beraneka olahan makanan dibuat masyarakat berasal dari bahan baku mangrove, termasuk cara pengolahnnya.

Hasil olahan makanan berbahan dasar mangrove, mampu menjadi sumber pemasukan ekonomi masyarakat. Sekarang ini banyak UKM yang memanfaatkan mangrove untuk diolah menjadi jajanan khas yang bernilai gizi tinggi.

Pada musim tertentu buah mangrove sangat berlimpah dan dianggap sebagai “sampah”. Padahal buah maupun propagul mangrove dapat diolah menjadi beragam makanan. Pengolahan buah mangrove menjadi produk makanan dapat menjadi sumber pangan menyehatkan dan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat.

Lihat juga: Melestarikan Hutan Mangrove Dengan Ekowisata

Buah mangrove jenis Bruquiera sp. dapat diolah untuk dijadikan tepung yang memiliki kandungan kalori  371 per 100 gram, lebih tinggi dari beras (360 kalori per 100 gram) dan jagung (307 kalori per 100 gram). Kandungan karbohidrat buahnya sebesar 85,1 gram per 100 gram, lebih tinggi dari beras (78,9 gram per 100 gram) dan jagung (6,6 gram per 100 gram).

Tepung dari buah mangrove menjadi bahan baku beberapa makanan seperti krupuk, berbagai kue kering, kue bolu, brownies, stick, dodol, selai dan makanan tradisional (cendol, klepon, dawet).

Mangrove jenis Nypah fruticans, niranya dapat diolah menjadi sirup, gula, alkohol dan cuka. Mangrove jenis Acanthus ilicifolius daunnya dapat diolah menjadi keripik. Juga dapat diolah menjadi teh yang berkhasiat mengobati kanker, liver, kencing manis dan juga cacingan.

Penelitian yang dilakukan Institut Pertanian Bogor, menemukan bahwa buah mangrove sebagai tepung mangrove serta produk olahan mangrove memiliki nilai gizi dan antioksidan tinggi serta kaya serat sehingga baik untuk kesehatan. (RSP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here