Jakarta, Klanews.id – Kurangnya kemampuan riset mahasiswa selama ini akan menimbulkan kesalahan dalam pengambilan dan menganalisis data di lapangan, sehingga perlu kemampuan dasar dan cara pengambilan data yang baik dan benar.

Dari permasalahan tersebut, KEMA JIK FIKP-UH telah menyusun kegiatan berupa “Kampung Pesisir” untuk memberikan wawasan tentang cara pengambilan data dilapangan.

Nama kegiatan ini adalah “Kampung Pesisir” dengan tema “Harmonisasi Koridor Biru Dalam Menyelaraskan Langkah”

Tujuan Kegiatan ini semata-mata hanya untuk meningkatkan kemampuan riset mahasiswa kelautan, sinergitas kerja lembaga lingkup kelautan dan masyarakat, menghasilkan karya tulis yang disajikan dalam bentuk buku, melibatkan Lembaga Semi Otonom.

Lihat juga: MSDC Unhas Gairahkan Riset Kelautan

Panitia berharap kegiatan ini dapat meningkatnya kemampuan riset & menulis, meningkatan hubungan emosional antara Lembaga Semi Otonom (LSO) dengan Lembaga Kemahasiswaan KEMA JIK FIKP-UH.

Dalam kegiatan ini panitia juga membaginya dalam tiga sub kegiatan.

Tahapan pertama:  Penyusunan dan pemaparan konsep kegiatan, pembukaan kegiatan, pemberian materi metode riset dan teknik kepenulisan, focus group discussion, dan melakukan survey awal.

Tahap kedua adalah tahap pelaksanaan, dimana tahap ini dibagi atas: Pengaplikasian Metode Riset Participatory Rural Apraisal (PRA), monitoring hasil transplantasi karang, bangku pesisir (diskusi, outbound & games), dan bersih pantai.

Tahap terakhir yaitu: Pemaparan hasil riset, penyusunan buku dan pembuatan laporan pertanggung jawaban kegiatan.

Kegiatan ini akan dilaksanakan di Pulau Pajenekang, Kabupaten Pangkep. Kegiatan ini tidak semata-mata diikuti oleh mahasiswa tapi juga akan melibatkan masyarakat pesisir, khususnya masyarakat Pulau Pajenekang.

“Sebelum berangkat ke pulau akan dilakukan pembukaan  kegiatan di Ruang sidang Lt. 2 FIKP Unhas pada hari selasa, 17 April 2018” kata Isnaeni Arifin, salah seorang panitia devisi humas dan pubdok yang dihubungi Klanews.id (25/4).

Panitia juga berharap semua kalangan bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini, dengan menghubungi: 081269247976 (Koirul Zaman) dan  085211695235 (Dwi N. Lestari) atau  melalui email: dwinininglestari5815@gmail.com. (IAN/HR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here