Jakarta, Klanews.id – Produksi buah kelapa di Indonesia cukup banyak. Perannya cukup penting dalam kehidupan masyarakat. Tanaman ini disebut tanaman serbaguna, karena hampir semua bagiannya dapat dimanfaatkan. Salah satu pemanfaatan kelapa yang memiliki prospek untuk dikembangkan, yaitu kecap manis air kelapa.

Kecap manis ini memanfaatkan air kelapa yang dianggap sebagai limbah dan jarang dimanfaatkan oleh masyarakat. Limbah air kelapa biasanya dibuang begitu saja, sehingga bahan baku kecap ini dapat diperoleh dengan mudah. Apalagi di pesisir, pohon kelapa tumbuh dengan subur.

Kecap merupakan salah satu jenis bumbu masakan yang banyak disukai, sehingga usaha ini sangat menjanjikan. Kegiatan pembuatan kecap dari air kelapa akan menjadi tambahan pendapatan bagi masyarakat pesisir. Proses pembuatannya juga cukup sederhana.

Proses Penjernihan Air Kelapa

Proses ini dilakukan dengan mengendapkan air kelapa di dalam bak penampungan. Tujuannya untuk memisahkan air kelapa dengan kotoran. Selain cara tersebut, penjernihan air kelapa dapat juga dilakukan dengan jalan menyaringnya langsung dengan saringan.

Proses Persiapan Bumbu Kecap

Bumbu yang digunakan yaitu, pekak, gula merah, kemiri, bawang putih, keluwak, lengkuas dan sereh. Bumbu ini terlebih dahulu disangrai. Kemiri dan bawang putih ditumbuk dahulu, kemudian ditumis dengan sedikit minyak goreng. Lengkuas dibersihkan kemudian diiris tipis-tipis dan sereh dimemarkan. Gula merah diiris, kemudian dipanaskan hingga meleleh.

Proses Pemanasan Dan Pengolahan.

Air kelapa hasil penjernihan ditempatkan pada panci untuk seterusnya dipanaskan. Bumbu dimasukan kemudian diaduk terus untuk meratakan panas dan mencegah terjadinya gosong. Proses ini dianggap selesai, jika cairan sudah mulai mengental. (RSP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here