Kapal Terbakar di Kepulauan Seribu Terulang Kembali, Ada Apa?

0
76
(dok: Istimewa)

Jakarta, Klanews.id – Kapal kontainer KM Kuala Mas pukul 07.55 tadi pagi terbakar di sekitar Pulau Nirwana, Kepulauan Seribu pada Jumat (27/4).

Dalam kebakaran Kapal KM Kuala Mas tersebut, tujuh kapal dikerahkan untuk membantu  pemadaman dan evakuasi ABK. Kasus ini ditangani oleh Badan SAR Nasional dan Polisi Air Polda Metro Jaya.

Dalam pernyataan Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Victor Siagian, kebakaran tersebut sudah berhasil dipadamkan pada  pukul 10.30 tadi pagi dan 18 awak kapal berhasil diselamatkan.

Seluruh ABK KM Kuala Mas telah dilakukan pemeriksaan  pada pukul 11.15 dan dipastikan semua dalam keadaan selamat. Selanjutnya semua ABK akan dibawa menuju Kantor Utama Syahbandar Tanjung Priok.

Minggu (22/4) juga terjadi kasus yang sama, kapal milik Dinas Perhubungan DKI Jakarta terbakar.

Terbakarnya kapal milik dinas Perhubungan tersebut diakibatkan mesin kapal meledak pada minggu (22/4), di dermaga Pulau Panggang. Akibat kejadian tersebut mengakibatkan 9 orang luka-luka.

Hingga saat ini, menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, pihaknya telah memeriksa 18 orang saksi terkait kasus tersebut.

Beberapa bulan sebelumnya kapal penumpang Zahro Express dinyatakan terbakar di tengah laut  saat menuju Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Minggu (1/1). Kejadian ini menyebabkan tiga penumpang meninggal dunia.

Kejadian ini sering kali terulang, akibatnya merugikan dan membahayakan banyak pihak terutama penumpang. Ada apa dengan  sistem perhubungan laut kita sehingga acap kali terjadi kecelakaan atau kebakaran kapal? (HR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here