Ketua Umum Ikatan Sarjana Kelautan Universitas Hasanuddin (Darwis Ismail) sedang menjelaskan pentingnya dialog publik Bedah Visi Maritim calon Gubernur SulSel saat ditemui di kantornya Jl. Angsana Raya Blok R. Rawajati Timur. Kalibaata Jakarta Selatan. (dok: Klanews.id)

Jakarta, Klanews.id – Sulawesi Selatan merupakan Provinsi yang wilayahnya 75% merupakan laut dan pesisir. Dari 24 kabupaten/kota, 18 diantaranya merupakan wilayah pesisir. Dengan wajib pilih sebesar 42,78 % atau 2.9 juta penduduk Sulawesi Selatan berada di 313 pulau kecil berpenghuni maupun tidak berpenghuni.

Hal tersebut memberikan gambaran betapa besarnya potensi sumberdaya alam laut yang dimiliki Sulawesi Selatan. Banyak masyarakat yang menggantungkan hidup dari laut, baik itu secara langsung maupun tidak langsung.

Dengan potensi kelautan yang begitu besar, jika sumberdaya tersebut dapat dikelola dengan baik, maka meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Untuk itulah, diperlukan pemimpin daerah yang paham laut. Gubernur yang memiliki visi maritim yang sejalan dengan program pemerintah pusat untuk menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Lihat juga: ISLA Unhas Akan Uji Komitmen Kelautan Keempat Cagub Sulsel

Menurut Ketua Ikatan Sarjana Kelautan Unhas, Darwis Ismail yang ditemui di ruangannya senin 30/04/2018 mengatakan, dialog publik Bedah Visi Maritim Calon Gubernur Sulawesi Selatan sangat penting dilakukan, ini mengingat wilayah Sulawesi selatan yang berada di pesisir dan secara historis Sulsel juga dikenal dengan pelaut tangguh.

Tidak hanya di Sulsel, dialog maritim dengan calon gubernur, penting dilakukan disemua daerah yang memiliki pesisir dan pulau- pulau kecil, selanjutnya visi ini dikawal bersama tidak hanya saat pemilu, tapi juga pasca terpilihnya gubernur dan wakil gubernur, lanjutnya.

Persiapan dialog publik ini bertema “Membedah Visi Maritim Calon Gubernur Sulawesi Selatan”. ditayangkan secara live di Celebes TV, tanggal 5 Mei 2018, pukul 20.00 Wita. Dalam dialog ini akan membahas tentang peta masalah dan solusi pembangunan maritim Sulsel ke depan.

Lihat juga: Pilgub Sulsel: Siapa Gerangan yang Paling Kompeten?

Ketua Panitia Dialog Maritim, Hasbi Hasyim mengungkapkan, “Sebelum kegiatan ini diselenggarakan, kami telah melakukan riset dan kajian di seluruh kabupaten/kota Sulsel.

Jadi tidak hanya mendengarkan visi maritim calon gubernur, kami juga akan memberikan masukan mengenai permasalahan kelautan dan pesisir di Sulsel. Sehingga gubernur yang terpilih nantinya, memperoleh gambaran tentang program-program pembangunan maritim lanjutnya. (RSP/SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here