Implementasi Kurikulum Kemaritiman Dukung Nawacita.

0
154
Lokakarya dan Pendampingan Implementasi Kurikulum Kemaritiman di Sekolah Percontohan Tahap I Wilayah Timur, Kab. Sikka, Kota Tarakan dan Kab. Raja Ampat (dok: Cahyadi)

Jakarta, Klanews.id – Deputi SDM, Iptek dan Budaya Maritim Asdep Pendidikan dan Pelatihan Maritim laksanakan Lokakarya dan Pendampingan Implementasi Kurikulum Kemaritiman di Sekolah Percontohan Tahap I Wilayah Timur, Kab. Sikka, Kota Tarakan dan Kab. Raja Ampat yang berlangsung hari ini, Jumat (11/5) hingga besok.

Implementasi kurikulum Kemaritiman adalah tindak lanjut dari MOU dan PKS Kemenko Bidang Kemaritiman dan Kemendikbud tahun 2017 yang akan dilaksanakan pada 12 Provinsi. Kedepan diharapakan implementasi ini bisa dilaksanakan secara nasional.

Kurikulum kemaritiman sesuai dengan semangat Nawacita Pemerintahan Jokowi-JK yakni melakukan revolusi karakter bangsa melalui kebijakan penataan kurikulum pendidikan nasional dengan mengedepankan aspek proporsional dan memperkuat jati diri bangsa sebagai negara maritim.

Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan bersama dengan Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud dan dinas pendidikan provinsi dan kabupaten.

Muatan Kemaritiman diharapkan meningkatkan wawasan tentang jati diri bangsa bahari, juga memberikan pemahaman lebih baik pada generasi muda bahwa bekerja di laut tidak selalu identik dengam 3D (dirty, difficult, dangerous). (CR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here