Mewujudkan Ketahanan Energi Dengan Arus Laut

0
44
(dok: istimewa)

Jakarta, Klanews.id – Energi baru terbarukan yang berasal dari arus laut pemanfaatannya semakin berkembang pesat. Pemanfaatan energi ini dilakukan dengan mengubah energi kinetik massa air laut menjadi energi listrik.

Penerapan teknologi energi arus laut tidak jauh berbeda dengan prinsip teknologi energi angin. Namun, daya yang dihasilkan lebih besar dari daya yang dihasilkan turbin angin karena massa jenis air laut 800 kali lebih besar dari massa jenis udara.

Selain itu, arus laut menarik untuk dikembangkan sebagai pembangkit listrik karena sifatnya yang relatif stabil, periodik dan dapat diprediksi, baik pola maupun karakteristiknya. Berbagai negara telah berhasil menginstalasi pembangkit energi listrik dengan memanfaatkan energi arus dan pasang surut.

Lihat juga: ‘Kebun Angin’ Pertama dan Terbesar di Indonesia

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan energi dari arus laut. Kecepatan arus pasang surut di perairan pantai umumnya kurang dari 1,5 m/detik. Sementara itu, di selat-selat di antara Pulau Bali, Lombok, dan Nusa Tenggara Timur, kecepatannya bisa mencapai 2,5-3,4 m/detik.

Menurut Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dengan wilayah yang sebagian besar merupakan laut, potensi energi yang dihasilkan dari arus laut di Indonesia adalah yang terbesar di dunia. Indonesia juga memiliki banyak selat yang berpotensi menghasilkan energi arus yang cukup besar.

Indonesia mempunyai banyak selat-selat yang jaraknya sempit, hal ini mengindikasikan arus laut yang cukup besar. Contohnya seperti Selat Larantuka yang arusnya merupakan yang terkuat di dunia. Masih banyak lagi selat lainnya yang diidentifikasi layak untuk dikembangkan.

Potensi energi arus laut di Indonesia yang merupakan terbesar di dunia, tersebar di 17 lokasi di Indonesia, dari pantai barat Sumatera, selatan Jawa, Sulawesi, Maluku Utara, Bali, dan NTT. Energi yang dapat dihasilkan diprediksi sekitar 41 GW. (RSP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here