Periset Kelautan Unhas akan Gelar Kursus Identifikasi Karang

0
75
Kursus identifikasi karang oleh Unhas (dok: istimewa)

Jakarta, Klanews.id – Pusat Penelitian dan Pengembangan Laut, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Universitas Hasanuddin bekerjasama dengan Departemen Ilmu Kelautan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan dan ADS International akan menyelenggarakan Kurus Identifikasi Karang dengan Menggunakan ‘Coral Finder’.

Kursus ini akan difasilitasi oleh ahli terumbu karang Jurusan Ilmu Kelautan, Dr. Syafyudin Yusuf, S.T, M.Si yang selama ini telah aktif dan berpengalaman meriset terumbu karang di Indonesia maupun di Australia dan Pasifik.

“Kegiatan berlangsung pada tanggal 24-26 Mei 2018 dan terbuka untuk mahasiswa maupun umum,” katanya kepada Klanews.

“Ini akan berlangsung selama tiga hari di pusat Kegiatan Penelitian (PKP) Unhas. Materinya beragam tetapi yang paling paling pokok adalah meningkatkan kemampuan dalam mengidentifikasi spesies karang secara umum,” tambah akademis kelahiran Bima yang juga instruktur selam ini.

“Penelitian terumbu karang saat penting saat ini di tengah promosi Pemerintah untuk mendorong pembangunan dari laut melalui Poros Maritim. Kita perlu menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten dalam survey atau riset ekosistem penting seperti terumbu karang ini,” paparnya.

Dr. Syafyudin Yusuf mengajak masyarakat umum, traveler, penyelam, terutama kaum muda untuk ikut serta memperhatikan keberadaan terumbu karang ini.

“Terutama kaum muda yang senang menyelam atau menikmati keindahan bawah air. Dengan ikut kegiatan ini saya yakin rasa kecintaan pada eksosistem laut terutama terumbu karang akan semakin meningkat,” tutup pria yang pernah menyelam di Great Barrier Reef Asutralia ini. (KAZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here