Pasar Ikan Hias Sumenep, Alternatif Wisata Di Jakarta

0
1669

Jakarta, Klanews.id – Bagi para pecinta ikan hias di Jakarta, Pasar Sumenep merupakan surga. Beragam jenis ikan hias air tawar maupun air laut dijajakan di sini. Pasar ikan hias di daerah Menteng ini berdiri sejak tahun 1970, juga menjual berbagai perabot aquarium, pakan ikan, tanaman aquascape dan karang hias.

Pasar Sumenep bisa menjadi alternatif wisata untuk bersantai sejenak ditengah padatnya rutinitas. Pengunjung yang datang akan disambut dengan semilir angin dan gemericik air kolam. Juga rimbunnya pepohonan mahoni berukuran besar yang berjejer di sepanjang kawasan menambah teduhnya hati.

Menjejakkan kaki lebih dalam, pengunjung akan disuguhi dengan jejeran kolam ikan ataupun akuarium lengkap dengan aneka jenis ikan. Banyaknya toko di tempat ini seakan ingin memanjakan hasrat para pecinta ikan hias.

Yang paling menarik dari pasar ini ketika memasuki area pedagang ikan hias air laut. Jejeran aquarium dengan beragam ikan air laut dan terumbu karang aneka warna sangat memanjakan mata. Jenis ikan yang ditawarkan pun sangat beragam, mulai dari hiu berukuran kecil, tiger fish, clown fish, lobster hingga soft coral.

Menurut Slamet Rahardjo, salah satu pedagang ikan hias di Pasar Sumenep, ada sekitar 100 jenis ikan hias yang diperdagangkan. Ikan hias ini dijajakan di kios-kios yang jumlahnya mencapai 138 kios dengan jumlah pedagang mencapai 170 orang.

“Pasar ini terbagi ke dalam dua bagian, yaitu kelompok promosi yang menjual beragam jenis ikan hias dan kelompok budidaya yang fokus melakukan pembibitan dan penjualan ikan konsumsi. Mau cari jenis ikan apa saja, pasti akan ketemu” tutur Slamet saat diwawancarai Klanews.Id.

Berbagai jenis ikan lokal maupun impor, dijual dengan harga bervariasi. Mulai dari lima ribu rupiah hingga jutaan rupiah, tergantung dari ukuran dan jenis ikannya. Meskipun semua jenis ikan yang dipajang telah dipatok harga tertentu, namun pembeli tetap bisa menawar jika merasa harganya terlalu tinggi. (RSP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here