Fakta Menarik Perjalanan Kroasia di Piala Dunia

0
52
(dok:istimewa) Tampil sebagai tim yang tidak diunggulkan, Kroasia melaju hingga ke Final Piala Dunia 2018

Jakarta, Klanews – Kemenangan Kroasia 2-1 atas Inggris, mengantarkan mereka melaju ke partai puncak Piala Dunia untuk pertama kalinya. Kroasia akan menghadapi Prancis di final pada 15 Juli 2018.

Kroasia sejak fase knock out Piala Dunia 2018, tidak pernah memangkan laga diwaktu normal 90 menit. Semua pertandingan mereka menuju final, harus berlanjut ke babak extra time.

Di babak 16 besar menghadapi Denmark, kemenangan harus diraih lewat adu penalti. Saat mengalahkan tuan rumah Rusia di babak 8 besar, juga ditentukan lewat adu penalti. Begitupun saat menyingkirkan Inggris di babak semifinal.

Kroasia menjadi tim keempat yang memainkan pertandingan hingga extra time dalam satu gelaran Piala dunia. Sebelumnya Belgia di Piala Dunia 1986, Inggris di Piala Dunia 1990 dan Argentina di Piala Dunia 2014.

Jika berhasil mengalahkan Prancis di final, maka Kroasia akan meraih gelar pertama. Kalaupun kalah, menjadi runner-up merupakan prestasi terbesar selama partisipasi mereka di ajang empat tahunan ini.

Prestasi terbaik negara pecahan Yugoslavia ini sebelum Piala Dunia 2018 adalah peringkat ketiga Piala Dunia 1998 yang merupakan partisipasi pertama mereka sejak memerdekakan diri tahun 1991. Setelah itu, mereka kandas di fase grup dalam tiga Piala Dunia, hingga akhirnya menjadi finalis tahun ini.

Tak ada yang memprediksi Kroasia akan melaju hingga final. Mereka menjadi tim yang tidak diunggulkan. Mereka menjadi negara dengan peringkat FIFA terendah yang melaju ke partai final Piala Dunia.

Bahkan untuk peringkat FIFA negara yang masuk semifinal Piala Dunia 2018 pun, mereka masih yang terendah. Inggris yang mereka kalahkan di semifinal, saat ini berada di posisi ke-12. Belgia di Posisi ke-3 dan Perancis di Posisi Ke-7. (RSP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here