20 Tahun Menanti, Les Blues Meraih Gelar Piala Dunia Kedua

0
49
(dok: istimewa) Les Blues menjadi kampiun Piala Dunia 2018

Jakarta, Klanews.id – Prancis vs Kroasia menjadi laga pamungkas Piala Dunia 2018. Pertandingan yang digelar di Luzhniki Stadium, Sabtu, (15/7/2018) akan menutup turnamen empat tahunan ini.

Hujan gol tercipta di 90 menit pertandingan. Pertandingan yang berakhir dengan skor 4-2, mengantarkan Prancis menjadi kampiun Piala Dunia 2018.

Babak pertama berjalan dengan tempo yang tinggi. Kroasia mengambil inisiatif serangan dan menciptakan sejumlah peluang.

Justru Prancis mampu unggul terlebih dahulu pada menit ke-18. Bola tendangan bebas Antoine Griezman membentur kepala Mario Mandzukic, berbelok arah dan tidak bisa diantisipasi Subasic.

Kroasia berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-28. Tendangan kaki kiri Ivan Perisic meluncur deras ke sebelah kanan gawang Hugo Lloris.

Pertandingan sempat berhenti setelah ada indikasi handball di kotak penalti Kroasia oleh Ivan Perisic. Wasit Nestor Pitana melihat VAR dan memutuskan penalti untuk Prancis pada menit ke-38.

Antoine Griezmann yang tampil sebagai eksekutor penalti, sukses melaksanakan tugasnya. Gol ini membuat Prancis kembali unggul.

Kroasia sebenarnya menguasai jalannya pertandingan di babak pertama, dengan penguasaan bola 61 persen. Namun, hingga turun minum Kroasia belum mampu menyamakan kedudukan, skor 2-1 tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, pertandingan tetap berlajalan dengan tempo tinggi. Kedua tim saling jual beli serangan.

Paul Pogba kembali menambah keunggulan Prancis di menit ke-59. Tendangan kaki kirinya, tak mampu dijangkau Subasic.

Prancis tampaknya belum puas. Di menit ke-65 Kylian Mbappe menambah keunggulan Prancis lewat tendangan kerasnya dari luar kotak penalti.

Kroasia sempat membuka asa di menit ke-69. Kesalahan Hugo Lloris, sukses dimanfaatkan Mario Mandzukic menjadi gol.

Hingga peluit panjang dibunyikan, Prancis berhasil mempertahankan keunggulan yang mengantarkan mereka menjuarai Piala Dunia 2018. Les Blues harus menunggu 20 tahun untuk membawa pulang trofi Piala Dunia untuk kedua kalinya

Sementara bagi Kroasia, ini merupakan prestasi terbaik mereka selama keikutsertaan di Piala Dunia. Setelah di Piala Dunia 1998, hanya mampu finis di peringkat ketiga.

Bagi Didier Deschamps gelar ini menjadi prestasi tersendiri. Ia sukses mencatatkan sejarah peraih Piala Dunia sebagai pemain di Piala Dunia 1998 dan sebagai pelatih di Piala Dunia 2018. (RSP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here