Fakta Unik Si Sapi Laut Berkepala Bulat Yang Terancam Punah

0
130
(dok: istimewa)

Jakarta, Klanews.id – Dugong adalah salah satu mamalia laut dari 35 hewan mamalia laut yang ada. Dugongidae adalah satu-satunya yang masih hidup. Hewan ini merupakan penghuni khas padang lamun.

Dugong merupakan satu-satunya hewan mamalia laut pemakan lamun. Dia mampu bertahan di dasar laut selama 12 menit sambil mencari makan. Mamalia ini banyak ditemukan di Pesisir Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Dugong mampu hidup hingga 70 tahun dengan panjang mencapai 2,5-3 meter dan berat 225-450 kg.

Fakta unik dari mamalia ini adalah bergerak sangat lamban, selain lamban dalam bergerak, dia juga lamban dalam berkembang biak. Hewan ini hanya mampu menghasilkan satu keturunan dalam kurun waktu 2,5-5 tahun.  Masa kandungan hewan ini adalah 14 bulan dan ketika lahir dugong membutuhkan waktu selama 10 tahun untuk menjadi dewasa.

Dugong memiliki mata kecil, kepala bulat dan lubang hidung berada diatas bagian moncong. Dengan mata yang kecil mengakibatkan penglihatan terbatas tetapi memiliki pendengaran yang tajam. Di bagian bibir terdapat bulu yang berguna untuk menemukan makanan.

Dogung adalah mamalia nokturnal yaitu aktif di malam hari terutama untuk mencari makan. Dia juga termasuk dalam hewan monogami atau hewan yang setia dengan pasangannya. Hewan ini juga hidup berkelompok meskipun terkadang menyendiri. (HR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here