Cuaca Buruk: BMKG Himbau Nelayan Waspada

0
71
(Dok: Istimewa) Ilustrasi peringatan melaut bagi nelayan karena cuaca buruk

Jakarta, Klanews.id – Gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan Indinesia belakangan kian memburuk, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) keluarkan surat peringatan.Kamis,(19/07/18)

Dalam surat tersebut BMKG menghimbau kepada nelayan yang beraktivitas atau melewati Perairan Bengkulu hingga barat Lampung, ,perairan selatan Banten hingga Jawa Tengah, Perairan Kep. Sermata –Kep. Tanimbar,  Perairan Kep. Kei – Kep. Aru, Perairan Agats – Ampera, Laut Banda, Laut Arafura, Selat Makassar, Samudera Hindia barat Sumatera, Selat Sunda bagian selatan untuk tidak memaksakan melaut bila kondisi cuaca buruk.

Masih dalam rilis tersebut BMKG juga meminta masyarakat khususnya nelayan agar berhati-hati melaut mulai tanggal 19 juli hingga 21 juli 2018 besok, prakiraan akan adanya potensi gelombang tinggi ini didasari oleh peningkatan kecepatan angin timur hingga 37 km/jam.

Sebelumnya kecelakaan dua kapal terjadi di sekitar Perairan Laut Jawa dalam waktu yang hampir bersamaan. Tingginya gelombang laut menjadi penyebab utama kecelakaan yang menewaskan empat orang nelayan di Pantai Tegar Pelawangan kamis (19/7/18) pukul 08.15 WIB dan dua orang meninggal dunia pada kecelakaan yang membawa rombongan mahasiswa peneliti primata Institut Pertanian Bogor (IPB)di Perairan Cikeruh Wetan, Binuangeun Lebak Banten kamis (19/7) pukul 14.10 WIB.(SN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here