Nama Spesies Baru Bintang Laut Terinspirasi Dari Vokalis Band Metal

0
155
(dok: istimewa) Alissa White-Gluz, vokalis band Arch Enemy yang dijadikan nama spesies baru bintang laut purba

Jakarta, Klanews.id – Pemberian nama spesies baru yang ditemukan adalah hak dari penemu atau peneliti yang menemukan. Tidak ada batasan untuk pemberian nama spesies baru yang ditemukan, asal nama genus spesies yang ditemukan tepat. Tak jarang banyak yang memberikan nama-nama yang unik.

Belakangan ini, pemberian nama spesies baru yang ditemukan banyak terinspirasi dari nama publik figur atau musisi. Begitu pula dengan nama spesies bintang laut yang baru-baru ini ditemukan.

Bintang laut purba yang dikenal dengan “Basket Star” ini ditemukan oleh seorang paleontologist dan zoologist asal Eropa. Ben Thuy dan Sabine Stöh, sang penemu terinspirasi untuk memberikan nama spesies baru temuannya dari nama vokalis band metal Swedia.

Alasannya, karena hampir sepanjang malam saat berada di laboratorium, kedua peneliti ini selalu mendengarkan lagu-lagu dari Alissa White-Gluz, vokalis band Arch Enemy. Jadilah, spesies baru bintang laut tersebut dinamai Melusinaster alissawhitegluzae.

Inspirasi nama band atau musisi untuk dijadikan nama spesies baru, bukanlah kali pertama terjadi. Sebelumnya, nama band rock alternatif kenamaan Inggris, Radiohead juga dijadikan nama spesies semut.

Ilmuwan asal Venezuela, Ana Jesovnik dan Ted R. Schults, menamai spesies temuan mereka Sericomyrmex radiohead. Maksud dari pemberian nama tersebut, karena Radiohead aktif dalam upaya penyedaraan perubahan iklim dan lagu-lagunya selalu menemami mereka saat melakukan penelitian taksonomi semut.

Pink Floyd juga sudah menjadi nama spesies baru. Band legendaris ini dijadikan nama spesies udang, Synalpheus pinkfloyd. Pemberian nama oleh para peneliti di Oxford University Museum of National History bermaksud untuk menghormati band favorit mereka.

Menurut Kepala Penelitan Oxford University Museum of National History, Sammy De Grave, semua peneliti merupakan fans dari Pink Floyd dan dirinya sendiri telah mendengarkan lagu-lagu Pink Floyd sejak album The Wall dirilis tahun 1979.

Sebelumnya, Sammy De Grave, telah memberikan nama spesies udang baru yang ditemukan dengan nama Elephantis jaggerai. Nama spesies ini juga terinspirasi dari nama musisi legendaris, Mick Jagger, vokalis band The Rolling Stones. (RSP)