Kenaikan Dolar Terhadap Bisnis Telur Ikan Terbang

0
72
(dok: istimewa) Ikan terbang merupakan salah satu potensi perikanan yang pemanfaatannya cukup besar terutama pada perairan kawasan Indonesia bagian timur

Jakarta, Klanews.id – Ikan terbang disebut demikian karena ikan ini memang mampu terbang beberapa meter di atas permukaan laut, sejauh seratus meter dalam waktu sepuluh detik. Siripnya panjang, memiliki selaput tipis diantara tulang-tulang yang halus, sehingga menyerupai sayap. Ikan ini dikonsumsi masyarakat sama seperti berbagai jenis ikan laut lainnya.

Sebarannya banyak dijumpai di perairan timur Indonesia, diantaranya di Selat Makassar, Laut Flores, Laut Aru, Laut Arafuru, Laut Halmahera, Laut Banda, bagian utara Sulawesi Utara dan bagian utara Papua.

Ikan pelagis kecil ini merupakan salah satu potensi perikanan yang pemanfaatannya cukup besar terutama pada perairan kawasan Indonesia bagian timur. Jumlah spesies ikan terbang yang tersebar baik di perairan tropis maupun subtropis berkisar antara 50 – 60 spesies, diperairan Pasifik terdapat 31 spesies, dan di perairan Indonesia terdapat 18 spesies.

Permintaan Telur Ikan Terbang

Permintaan telur ikan terbang berdatangan dari mancanegara, seperti Korea Selatan, Jepang, Cina, hingga Lithuania. Rasanya yang lezat dan gurih membuatnya banyak digemari. Selain itu menyantap telur ikan terbang sangat bergengsi. Maklum, citra kelezatannya hampir setara dengan telur ikan sturgeon dari Laut Kaspia, kaviar.

Baca Juga: Pengusaha Ayam Petelur di Sidrap Terpukul Harga Pakan

Telur ikan terbang dijual dengan harga US$ 40 per kilogram. Musim panen berlangsung awal bulan April hingga September. Selama waktu enam bulan inilah ikan terbang sering dijumpai dalam rombongan besar. Inilah bulan-bulan mereka kawin dan bertelur.

Manfaat Telur Ikan Terbang

Telur ikan terbang menjadi makanan yang mewah di beberapa negara Asia Timur, seperti Jepang, Korea Selatan, Cina dan Taiwan. Selain karena rasanya yang enak, juga karena kandungan gizinya yang tinggi.

Namun di Indonesia, konsumsi telur ikan terbang memang masih tergolong cukup rendah. Padahal, makanan yang satu ini cukup mudah ditemukan dan bahkan menjadi komoditas penting terutama di wilayah Makassar dan sekitarnya.

Telur ikan terbang mengandung protein yang sangat tinggi. Bukan cuma itu saja, telur ikan terbang juga banyak mengandung Omega 3 yang sudah dikenal sangat baik untuk perkembangan otak dan mampu mencegah kepikunan. Manfaat lainnya yaitu, melancarkan peredaran darah, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan sistem saraf, bermanfaat untuk kecantikan, menambah energi dan gairah seksual, mengatasi penyakit asma, asam urat dan osteoporosis. (RSP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here