Nelayan Sumut Gelar Aksi Turun Ke Jalan Protes Permen Kelautan dan Perikanan

0
14
(dok: istimewa)

Jakarta, Klanews.id – Ratusan nelayan yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Kecil Modern Sumatera Utara turun ke jalan dan berunjuk rasa di depan Kantor Gubernur Sumatera Utara, di Jalan Diponegoro, Medan, Kamis (13/09).

Masa demonstran yang turun ke jalan merupakan gabungan nelayan dari berbagai daerah di Sumatera Utara, yaitu dari Kabupaten Asahan, Tanjungbalai, Batubara, Deliserdang, Serdang Bedagai dan Belawan.

Mereka turun ke jalan menuntut pemerintah untuk mencabut Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 71 tahun 2016 tentang Larangan Penggunaan Alat Tangkap Ikan Pukat Hela dan Pukat Tarik.

Menurut Akbar salah satu nelayan yang ikut dalam aksi tersebut menyebutkan bahwa “Permen tersebut membuat ribuan nelayan tidak bisa melaut”.

Abdul Karim sebagai koordinator aksi yang ditemui Klanews.id di lokasi aksi mengungkapkan kami tidak butuh permen tapi kami butuh makan dan penghidupan yang cukup”.

“Kami menuntut pemerintah karena Permen tersebut membuat banyak nelayan menganggur dan tidak bisa melaut untuk memenuhi kebutuhan hidupnya” lanjut Abdul Karim. (ARF)


Penulis: Arif
Editor: Haerul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here