Kisah Aldi Novel Adilang 49 Hari Terombang Ambing Di Lautan

0
54
Kondisi Aldi saat ditemukan oleh Kapal Kargo MV Arpeggio berbendera Panama (dok: istimewa)

Jakarta, Klanews.id – Aldi Novel Adilang, nelayan asal Manado yang bertugas sebagai penjaga lampu Rompong (penangkaran ikan) lepas pantai yang terletak 125 km dari pesisir utara Manado, Sulawesi Utara, sejak tanggal 14 Juli 2018 Aldi hanyut terbawa arus sampai ke perairan Guam.

Setelah 49 hari terombang ambing di lautan, Aldi akhirnya ditemukan oleh Kapal Kargo MV Arpeggio berbendera Panama dan dibawa merapat ke Pelabuhan Tokuyama, Yamaguchi, pada 31 Agustus 2018, pukul 09.45 waktu setempat.

Setibanya di Pelabuhan Tokuyama, langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Japan Coast Guard dan dinyatakan sehat dan dapat dipulangkan ke Negara asalnya.

Pada Tanggal 6 September 2018 lalu, KJRI Osaka Langsung menjemput Aldi di Tokuyama, Prefektur Yamaguchi, Jepang, untuk memastikan Aldi dalam kondisi baik dan selanjutnya mengawal kepulangannya ke Indonesia.

Dalam kepulangannya ke Indonesia pada tanggal 8 September 2018 lalu, Aldi dibantu dan difasilitasi oleh KJRI Osaka dan Kementerian Luar Negeri RI dengan menggunakan Pesawat Garuda Indonesia dan tiba di Manado pada tanggal 9 September 2018.


Penulis: Stevani 
Editor: Haerul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here