Jakarta, Klanews.id – Himitekindo adalah Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan Indonesia.

Sejarah berdirinya Himitekindo yang dimulai dengan acara Temu Mahasiswa Ilmu Kelautan se-Indonesia yang dihelat pada tanggal 22-23 September 1992 di Pare-Pare, Sulawesi Selatan.

Pada Saat itu dihadiri oleh delapan institusi kampus yaitu Universitas Hasanuddin (tuan rumah), Universitas Dipanegoro, Universitas Hang Tuah, Institut Pertanian Bogor, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Riau, Institut Teknologi 10 November, dan Universitas Patimura.

Himitekindo sah didirikan pada tanggal 3 September 1993 (Dirjen Dikti No. 592/dikti/kep/1993) yang bersifat keilmuan dan keprofesian yang mengutamakan kepentingan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan Indonesia. Sampai saat ini sudah 26 kampus yang tergabung dalam kepengurusan Himitekindo.

Dalam dua tahun sekali Himitekindo mengadakan Munas dan Rakernas yang membahas program-program kerja nasional.

Pada tanggal 09-11 November 2018 Munas Himitekindo digelar di Universitas Brawijaya yang dihadiri oleh 19 Universitas dari 26 Universitas yang tergabung di Himitekindo.

Rangkaian acara IMF dan Seminar Nasional dengan mengusung tema “Inovasi Iptek dan Sumberdaya Manusia dalam Menyongsong Revolusi 4.0”, (dok: Himitekindo)

Dari kegiatan Munas tersebut mengasilkan program kerja dengan mengangkat tema IMF (Indonsia Marine Festifal). Indonesia Marine Festival sendiri adalah program kerja Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan Indonesia di Universitas Sam Ratulangi Manado.

Kegiatan ini diusung bersama dengan tiga rangkaian kegiatan, yakni Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diikuti oleh lima universitas yaitu Universitas Padjajaran, Stitek Balik Diwa Makassar, Universitas Khairun, Universitas Sriwijaya, Universitas Diponegoro.

Selain kegiatan tersebut digelar pula Seminar Nasional dengan tema “Inovasi Iptek dan Sumberdaya Manusia dalam Menyongsong Revolusi 4.0”, dengan merangkaikan perayaan Dies Natalis Himitekindo ke-26.

“Dalam kegiatan ini diharapkan bisa terjalin komunikasi antar mahasiswa ilmu kelautan se-Indonesia dan bisa turut andil dalam penyelesaian masalah-masalah terkait dunia kemaritiman Indonesia” kata Zakky Luthfian, Sekjen Himitekindo.


Editor: Haerul
Penulis: Rahima Rahman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here