Stephen Hillenburg, Ahli Biologi Laut Pencipta Spongebob Squarepants

0
24
(Dok: Istimewa) Stephen Hillenburg sudah tertarik dengan lautan sejak kecil dan juga sangat menyukai seni, khususnya animasi

Jakarta, Klanews.id – Tak banyak yang tahu, kalau Stephen Hillenburg si pencipta kartun Spongebob Squarepants adalah seorang ahli biologi laut. Tahun 1984, Hillenburg mendapat gelar di Universitas Humboldt State jurusan perencanaan dan interpretasi sumber daya alam, dengan fokus sumber daya laut.

Hillenburg sebagai ahli biologi laut dari 1984 – 1987. Dia juga pernah menjadi guru biologi laut di tempat yang sekarang Orange County Ocean Institute. Organisasi ini  didedikasikan untuk mengajarkan publik tentang sains laut dan sejarah maritim

Dia akhirnya memutuskan untuk berkarir di dunia animasi pada tahun 1997. Demi mendalami animasi, pada tahun 1992, dia memperoleh Master of Fine Arts di animasi eksperimental dari Institut Seni California.

Stephen Hillenburg sudah tertarik dengan lautan sejak kecil dan juga sangat menyukai seni, khususnya animasi. Saat masih di institut, dia menciptakan komik berjudul, The Intertidal Zone.

Komik ini bercerita tentang kehidupan hewan-hewan di laut. Komik ini pula yang menjadi cikal bakal kartun Spongebob Squarepants. Kartun yang kemudian menjadi begitu digemari. Penghasilan Spongebobs di seluruh dunia pada 2016 saja mencapai 140 juta dolar AS (lebih dari Rp2 triliun).

Spongebob Squarepants merupakan adaptasi animasi film terlaris kelima yang pernah ada. Kartun ini bahkan telah diterjemahkan hingga lebih dari 60 bahasa dan jadi tontonan favorit berbagai kalangan dan usia.

Namun, pada rabu (28/11/2018), Stephen Hillenburg meninggal dunia pada usia 57 tahun. Kabar ini disampaikan oleh Nickelodeon, stasiun televisi yang menyiarkan serial kartun Spongebob Squarepants sejak 1999.

Hillenburg meninggal dunia lantaran penyakit neurone disease (juga dikenal sebagai ALS) yang dialaminya. Penyakit telah diderita Hillenburg sejak Maret tahun lalu. (RSP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here