Mengenal Sistem Minapadi Dengan Keuntungan Ganda

0
65
(dok: istimewa) Melalui minapadi, sumber pendapatan petani tidak hanya dari hasil panen padi yang ditanam, tetapi juga dari ikan yang bisa sering dipanen

 

Jakarta, Klanews.id – Minapadi merupakan konsep pertanian yang dipadukan dengan perikanan. Sistem ini menyatukan budidaya padi dan budidaya ikan dalam satu hamparan sawah. Teknologi sederhana ini, sudah lama diterapkan oleh masyarakat Indonesia karena cukup menguntungkan.

Petani memperoleh pendapatan tambahan dari budidaya ikan. Genangan air di sawah dimanfaatkan dan dioptimalkan, sehingga petani dapat menjalankan dua kegiatan sekaligus. Selain memperoleh pendapatan dari panen padi, juga pendapatan lain diperoleh dari panen ikan.

Baca Juga: Ada Teknologi Meningkatkan Kualitas Garam, Mengapa Terus Impor?

Pengendalian Hama dan Gulma

Sistem Minapadi dapat menjadi pengendali hama. Hal ini disebabkan karena ikan yang membantu memakan binatang-binatang kecil, seperti serangga yang merupakan hama tanaman padi (carnivora). Selain itu, ikan yang dipelihara juga memakan tanaman gulma yang banyak terdapat di lahan sawah.

Ikan yang dibudidayakan memperoleh pakan alami berupa serangga dan gulma, sehingga dapat mengurangi penggunaan pakan buatan. Hal ini akan berdampak secara langsung pada pengendalian hama tanaman yang menguntungkan petani. Pemanfatan lahan secara tumpangsari dengan tanaman padi dan ikan di sawah, menjadikan produktivitas lahan akan meningkat.

Menghemat Penggunaan Pupuk

Pada sistem usahatani minapadi, kotoran ikan merupakan sumber pupuk organik bagi tanaman padi. Hal ini akan berdampak pada rendahnya pemakaian pupuk oleh petani, karena adanya korelasi ekologis antara pemeliharaan ikan dengan peningkatan kesuburan tanah.

Kotoran ikan dan sisa makanan menjadi pupuk dan akan mampu menghemat keperluan pupuk sekitar 20-30%. Kotoran ikan merupakan sumber pupuk organik bagi tanaman padi. Mengurangi pemakaian insektisida dan menghambat pertumbuhan rumput. Hal ini terjadi karena terciptanya hubungan yang harmonis antara padi, ikan, air, dan tanah.

Meningkatkan Pendapatan Petani

Melalui minapadi, sumber pendapatan petani tidak hanya dari hasil panen padi yang ditanam. Tetapi juga dari ikan yang bisa sering dipanen. Dengan demikian, minapadi selain memperkuat dan meningkatkan sumber dan besarnya pendapatan petani, sekaligus juga meingkatkan distribusi pendapatan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kegiatan usahatani minapadi akan mampu menciptakan peluang usaha baru, seperti usaha pendederan bibit ikan, usaha pemasaran ikan hasil produksi dan juga usaha pengolahan ikan. Terciptanya peluang usaha baru ini juga akan berdampak pada distribusi produk pertanian yang lebih beragam. (RSP)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here