Darwis Ismail: Pertanian adalah unggulan Sulawesi Selatan, sudah seharusnya petaninya sejahtera

0
153
(dok: Klanews.id) darwis ismail saat mengunjungi bebrapa kabupaten yang menjadi 'lumbung padi' nasional

Jakarta, Klanews.id – Darwis Ismail dalam setiap kunjungannya ke daerah, selalu menyempatkan untuk berdialog dan mendengarkan keluhan petani. Bertemu petani dan melihat langsung kondisi pertanian menjadi rutinitas wajib bagi calon anggota legislatif DPR-RI ini.

Menurut Darwis Ismail, potensi pertanian di Sulawesi Selatan sangat besar. Selain potensi  yang besar, pertanian juga menduduki peringkat teratas, 30 persen dalam struktur ekonomi di Sulawesi Selatan. Maka sudah seharusnya, kesejahteraan petani lebih diperhatikan.

“Sulawesi Selatan dikenal sebagai lumbung padi nasional. Beberapa daerahnya, seperti, Kabupaten Sidrap dan Kabupaten Pinrang, merupakan penghasil beras terbaik. Kabupaten lain seperti Enrekang, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Tana Toraja dan Toraja Utara, juga memiliki keunggulan pertanian lainnya. Buah, sayuran dan kopi, dari daerah ini yang terbaik,” ujarnya.

Lebih lanjut, Darwis Ismail menyatakan bahwa harus ada investasi yang lebih pada sektor pertanian. Mulai dari usaha pertanian yang diarahkan ke agribisnis dan agroindustri. Peran pengusaha dalam hal ini adalah pada bagian olah dan jual yang membutuhkan investasi dan membantu memasarkan komoditi ini ke pasar yang lebih baik.

Baca juga: Darwis Ismail: Kesejahteraan Nelayan Kunci Memajukan Kelautan dan Perikanan

“Sistem pertanian kita selama ini, hanya bersifat petik dan jual. Dengan adanya investasi dari pengusaha, diharapkan adanya proses olah menjadi produk yang lebih baik terlebih dahulu. Produk yang telah diolah, tentu saja harganya kan lebih meningkat. Kehadiran pengusaha, juga akan membantu memasarkan ke pasar yang lebih baik,” tutur pria yang akrab disapa DAI ini.

Dalam kunjungan ke beberapa kabupaten di Dapil 3 Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu, Darwis Ismail menemui dan berdialog denga kelompok petani jagung. Mereka umumnya mengeluhkan rendahnya harga beli serta sulitnya mendapatkan benih unggul dan pupuk.

Caleg DPR-RI dari PPP ini mengatakan agar keterampilan petani jagung lebih ditingkatkan lewat pelatihan-pelatihan. Mulai dari cara menanam, pemeliharaan, panen, hingga pasca panen, agar jagung yang dihasilkan lebih berkualitas.

“Kita harus bantu petani kita. Apalagi petani jagung di Sidrap dan Pinrang ini potensinya cukup besar. Mereka butuh bimbingan dan dukungan untuk lebih berkembang, baik dari segi keterampilan maupun dari segi permodalan,” tegas Darwis.

DAI mengharapkan Dinas Pertanian Daerah lebih serius dalam pembinaan petani jagung yang jumlahnya semakin besar dan semakin membutuhkan perhatian serta pendampingan agar produksi juga ikut meningkat. Pertanian adalah unggulan Sulawesi Selatan, sudah seharusnya petaninya sejahtera. (RSP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here