Balada Anak Nelayan, Album Pertama Julius Sitanggang Menjadi Kebangkitan Lagu Anak-anak di Era 80’

0
154
(dok: istimewa) Balada Anak Nelayan, album yang sukses mengangkat lagu anak-anak di era 80an

Jakarta, Klanews.id – Balada Anak Nelayan merupakan album pertama Julius Sitanggang yang sukses mencuri perhatian di era 80an. Debut album ini, sukses mengantarkannya menjadi idola baru anak-anak di masa itu.

Setelah berlalunya era 70an, lagu anak-anak mulai tenggelam dan kurang mendapat ruang lagi. Masa kejayaannya mulai memudar dengan beranjak remajanya penyanyi anak-anak di era itu, seperti seperti Chicha Koeswoyo, Adi Bing Slamet, Ira Maya Sopha, Dina Mariana dan lain-lainnya.

(Dok: istimewa) Julius Sitanggang di Cover album pertamanya, Balada Anak Nelayan

Kemunculan Julius Sitanggang dengan albumnya Balada Anak Nelayan, sukses mengangkat kembali lagu anak-anak. Album ini cukup sukses di pasaran. Suaranya yang bening terdengar lantang saat melantunkan lagu-lagu dengan progresi melodi yang jarang ‘disentuh’ oleh anak-anak seusianya. Lirik-lirik lagunya juga lebih berkisah, tidak seperti lagu anak-anak pada umumnya yang biasanya berlirik simpel dengan tema yang simpel pula.

Baca juga: Generasi Muda dan Poros Maritim Dunia

Album Balada Anak Nelayan dirilis pada tahun 1983, berisi 11 lagu yang hampir semua menjadi hits di era itu. Lagu-lagu seperti, Titip Rindu Buat Mama, Gembala, Suka Duka Kehidupan, Aku Tukang Semir, Pedati Desa, Laguku Untuk Papa, Harapan Bunga Bunga, Musibah, Alam Pagi, Keluhan Seorang Anak. Namun satu lagu dari album ini yang paling terkenal adalah Balada Anak Nelayan, yang juga menjadi judul album ini.

Di ruang kecil yang berdinding bambu
Ku duduk sendiri bertemankan sepi
Seharian ini telah kulewati
Dengan bubu dan kail di tanganku

Kupandang ombak bergulung di pantai
Dan tiang sampat yang timbul tenggelam
Burung burung camar yang tak bosan beterbangan
Menemani para nelayan

Anak-anak nelayan
Sambil menjinjing keranjang
Menyambut kedatangan saudaranya
Dengan wajah yang ceria

Mentari kini tlah hampir tenggelam
Ombak di laut pun tetap bergelombang
Ku dengar nyanyian anak nelayan
Mereka yang selalu bergembira

Lirik lagu di atas merupakan lirik dari lagu Balada Anak Nelayan. Lirik yang begitu puitis dan gamblang menggambarkan kehidupan anak-anak nelayan. Lirik dan lagu yang mungkin tak pernah lagi dinyanyikan oleh anak-anak di masa sekarang.

Lagu anak, saat ini, tak terdengar lagi gaungnya. Karenanya, sebagian besar anak-anak saat ini cenderung lebih senang mendengarkan lagu dewasa termasuk lagu yang bertema asmara. Padahal, lagu anak sangat baik bagi perkembangan psikologis anak. (RSP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here