Wicked Tuna, Tak Hanya Soal Rating Tapi Juga Memberi Edukasi

0
135
(dok: istimewa) Wicked Tuna tidak hanya tentang perlombaan menangkap tuna, acara ini juga menjadi edukasi tentang cara menangkap tuna yang baik dan ramah lingkungan

Jakarta, Klanews.id – Pernah menonton atau mendengar tentang Wicked Tuna? Sebuah program televisi yang membuat saya ingin menjadi nelayan. Menonton Wicked Tuna, saya selalu kagum dan seperti berangan-angan ingin punya kapal dengan peralatan canggih, berlayar menangkap tuna.

Wicked Tuna adalah serial reality television yang ditayangkan oleh National Geographic Channel. Pertama kali disiarkan, season perdananya pada tanggal 1 April 2012. Acara ini menampilkan kompetisi menangkap tuna yang diikuti para nelayan tuna komersial yang bermarkas di Gloucester, Massachusetts. Mereka menangkap tuna paling mahal, yaitu tuna sirip biru Atlantik di Samudera Atlantik Utara.

Para nelayan saling berlomba menangkap tuna dengan pancing untuk menjadi pemenang. Pemenang ditentukan di akhir season dengan melihat jumlah tangkapan terbesar dengan total jumlah penjualan terbesar dalam US dollar.

(dok: istimewa) Atlantic Bluefin Tuna (Thunnus Thynnus) juga dikenal dengan tuna sirip biru utara, beratnya bisa mencapai 150 kg.

Yang membuat acara ini begitu istimewa adalah, jenis ikan yang ditangkap bukan ikan biasa, melainkan spesies ‘tuna raksasa’ yang beratnya bisa mencapai 150 kg per ekornya. Sehingga untuk menangkapnya cukup sulit yang membutuhkan kerjasama tim yang baik dan orang-orang yang berpengalaman.

Baca juga: Stephen Hillenburg, Ahli Biologi Laut Pencipta Spongebob Squarepants

Wicked Tuna tidak hanya tentang perlombaan menangkap tuna, acara ini juga menjadi edukasi tentang cara menangkap tuna yang baik dan ramah lingkungan. Mengajarkan tentang ukuran tuna yang bisa ditangkap, jumlah kuota tuna yang bisa ditangkap. Sehingga spesies tuna sirip biru Atlantik tetap bisa terpelihara.

Acara ini pada akhirnya lebih banyak mengajarkan, tentang lingkungan dan kerjasama tim. Wicked Tuna telah tayang sebanyak delapan season. Dimana season terbarunya, yaitu season 8 mulai ditayangkan pada 10 Maret 2019. Acara ini memiliki rating yang baik dan menjadi salah satu program andalan di National Geographic Channel.

Hampir semua seasonnya saya tidak pernah lewatkan. Sama seperti penonton Wicked Tuna lainnya. Dan mereka pasti memiliki tim unggulan masing-masing. saya selalu menjagokan tim FV-Tuna.com yang dinahkodai kapten Dave Carraro. Tim ini selalu tampil luar biasa dengan memenagkan 4 season dari 7 season yang telah selesai.

Wicked Tuna seharusnya menjadi contoh tentang program televisi yang memberi edukasi yang baik. Acara ini, tak hanya mengejar rating saja, tapi memberikan pengetahuan. Apalagi untuk menumbuhkan semangat maritim atau cinta laut kepada generasi muda. (RSP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here