Sorgum, Makanan Pokok Kaya Gizi yang Terlupakan

0
99
(Dok: istimewa) Sorgum merupakan makanan yang kaya akan magnesium dan bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah

Jakarta, Klanews.id – Makan tanpa nasi bagi masyarakat Indonesia, rasanya kurang enak. Nasi sudah menjadi kebiasan bahkan rasanya tak tergantikan oleh apapun. Hal ini menjadi lumrah karena sejak era 80-an, pemerintah menggalakkan penanaman padi, yang menghasilkan beras, ke seluruh daerah di Indonesia. Itu sebabnya beras menjadi bahan makanan pokok nomor satu di Indonesia.

Dominasi beras ini lambat laun berimbas pada ketersediaan bahan pangan lokal di masing-masing daerah. Dari sekian banyak sumber pangan lokal di Indonesia, sorgum menjadi salah satu bahan pangan yang tergeser oleh beras.

Selama ini, orang hanya mengenal jagung, ubi dan sagu makanan pokok pengganti nasi. Namun ada satu lagi tanaman biji-bijian yang masih satu keluarga dengan padi, jagung, dan gandum yang bisa dijadikan alternatif pengganti nasi, yaitu sorgum. Bentuk pohonnya menyerupai jagung dengan biji berbentuk bulat kecil. Tanaman ini berasal dari Afrika. Memang tak banyak yang mengenal makanan kaya gizi ini.

Baca Juga: Gewang, Tanaman Serbaguna Masyarakat Kabupaten Kupang

Dibanding beras, sorgum diklaim jauh lebih unggul dalam hal nilai gizi. Data Departemen Kesehatan mencatat bahwa sorgum memiliki kandungan protein, kalsium, zat besi, fosfor, dan vitamin B1 yang lebih tinggi dibanding beras.

Sorgum merupakan makanan yang kaya akan magnesium dan bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah. Selain itu, sorgum juga memiliki kadar gula yang rendah sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Indonesia sendiri adalah negara yang masuk dalam 5 besar dalam jumlah penderita diabetes di dunia.

Bagi mereka yang tengah melakoni diet, sorgum juga bisa jadi kawan bersantap yang ideal. Perut terasa kenyang lebih lama karena kandungan seratnya yang tinggi. Sorgum pun dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, seperti bubur dan roti.

Selain itu, biji sorgum juga dikenal sebagai bahan baku pembuatan sereal paling penting nomor 5 di dunia, maka dari itu banyak sereal yang memasang gambar biji sorgum saat ini. Bukan itu saja, biji sorgum juga dapat dijadikan makanan pengganti bagi orang-orang yang alergi dengan gandum. Tidak heran jika sorgum juga menjadi salah satu makanan pokok di dunia.

Tanaman ini juga mudah dibudidayakan karena bisa tumbuh di daerah kering dan minim unsur hara. Bahkan, bisa bertahan di tanah dengan kandungan garam tinggi termasuk di pinggir pantai.

Akan tetapi, di balik aneka manfaat dan daya tahannya terhadap kondisi tanah, sorgum di Indonesia justru tak begitu populer. Pamor sorgum harus kalah dari makanan pokok lain seperti beras, jagung, dan singkong. Mungkin hanya di wilayah Nusa Tenggara Timur, sorgum begitu dikenal dan banyak dimanfaatkan.

Di samping pangan, sorgum juga menyimpan aneka manfaat lain seperti sebagai pakan ternak, energi, serat, pupuk, dan obat-obatan. Maraknya impor beras, setidaknya dapat dikurangi secara perlahan dengan pembudidayaan sorgum. (RSP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here