Jakarta, Klanews.id – Tak terasa kini umat Islam di seluruh Nusantara akan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1440 H/2019.

Pemerintah melalui Kementerian Agama telah mengumumkan akan menggelar sidang Isbat yang akan berlangsung hari ini, Minggu (5/5). Selain itu sidang Isbat juga akan diselenggarakan di beberapa daerah untuk menetapkan 1 Ramadhan 1440 H.

Kementerian Agama akan melakukan sidang Isbat dalam penentuan awal Ramadhan 1440 H/2019 di Auditorium H. M. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jakarta Pusat, rencananya akan dimulai pada pukul 16:00 WIB, Minggu (5/5/2019).

Sementara pemerintah masih akan menggelar sidang Isbat, Pemimpin Pusat Muhammadiyah telah lebih dahulu menentukan jatuhnya 1 Ramadhan 1440 H, Senin (6/5/2019). Selain awal Ramadhan 1440, PP Muhammadiyah juga telah menetapkan 1 Syawal 1440 H jatuh pada tanggal 5/6/2019.

Namun berdasarkan keterangan dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memprediksi awal puasa antara NU dan Muhammadiyah akan bersamaan.

Menanggapi soal penetapan 1 Ramadhan oleh berbagai pihak, Darwis Ismail, Ketua Ikatan Sarjana Kelautan Universitas Hasanuddin (ISLA-UH) yang dijumpai di kantornya, Minggu (5/5/2019), menyatakan bahwa kita harus bersyukur dan riang gembira karena tahun ini tidak ada perbedaan dalam penentuan 1 Ramadhan 1440 H.

“Selain itu, ramadhan tahun ini sangat berbeda dengan sebelumnya karena ajang pemilu yang masih berlangsung saat ini disambut bulan penuh berkah yaitu Ramadhan 1440 H. Pemilu tahun ini sangat panjang, delapan bulan bukan waktu yang singkat, sangat menguras fikiran dan tenaga” lanjut Darwis.

“Sehingga, Bulan Ramadhan 1440 H adalah berkah untuk merefres kembali fikiran dan merekatkan silaturahim dalam menyatukan perbedaan yang sempat terkotak-kotakkan di masyarakat” ucap Darwis.

Selain itu, Darwis juga tidak lupa mengucapkan selamat kepada semua masyarakat dan keluarga  besar ISLA-UH dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H, mohon maaf lahir dan batin, semoga kita semua dalam lindungan-Nya, Amin.


Penulis: Haerul
Editor: Januar Triadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here