Jakarta, Klanews.id – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan, telah menyelesaikan proses rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat Kabupaten pada Pemilu 2019 di Aula KPUD Enrekang, Senin (6/5) dini hari.

Dalam proses rekap tersebut untuk pemilihan legislatif tingkat DPR RI Dapil Sulsel III di Kabupaten Enrekang, jumlah pengguna hak pilih mencapai 128.794 jiwa, dengan jumlah suara sah 124.435 dan jumlah suara tidak sah sebanyak 4.359.

Lihat juga: Darwis Ismail, Caleg DPR RI Berlatar Belakang Kelautan yang Familiar dengan Nelayan dan Masyarakat Pesisir

Berdasarkan hasil Rekapitulasi DPR RI Dapil Sulsel III di Kabupaten Enrekang, Partai Persatuan Pembangunan dipastikan menjadi pemenang di Kabupaten Enrekang.

Selain di Enrekang, di delapan kabupaten lain juga menjadi lumbung suara Partai PPP, terkhusus Darwis Ismail caleg dari Partai PPP.

Dengan kemenangan yang diraih di sembilan kabupaten, sudah dipastikan Darwis Ismail  lolos ke Senayan dengan mulus.

Perolehan suara Darwis Ismail di sembilan kabupaten terbilang baik dibanding beberapa caleg lain dari berbagai partai yang bertarung di Dapil Sulsel III.

Lihat juga: Raih Suara Terbanyak, Darwis Ismail Optimis Membawa Semangat Kelautan ke Senayan

Perolehan suara terbanyak berada di Kabupaten Luwu yaitu 26.777 suara. Sedangkan di delapan kabupaten lain masing-masing  berada diangka stabil 10.000 hingga 18.000 suara.

Hingga saat ini, Darwis Ismail  berserta timnya masih terus mengawal proses rekapitulasi suara tingkat kabupaten hingga provinsi.

Rekapitulasi tingkat provinsi telah dimulai pada hari Rabu (8/5) di Hotel Harper, Jalan Perintis Kemerdekaan 16, Makassar.

Lihat juga: Darwis Ismail: Kesejahteraan Nelayan Kunci Memajukan Kelautan dan Perikanan

KPU Sulsel telah menerima hasil rekapitulasi penghitungan suara dari 21 kabupaten.

Meski tiga kabupaten yakni Kabupaten Luwu, Kota Makassar dan Kabupaten Gowa belum menyerahkan hasil rekapnya, KPU Sulsel tetap memulai rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara tingkat provinsi.

Ketua KPU Sulsel, Misna M Attas mengatakan, tiga kabupaten yang belum menyerahkan hasil rekapitulasinya karena kendala teknis di luar perkiraan.

“Rapat pleno terbuka KPU Sulsel akan berlangsung selama lima hari kedepan, tapi pihaknya berharap bisa lebih cepat selesai” ucap Misna.


Penulis: Haerul
Editor: Januar Triadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here