Juru bicara KPK Febri Diansyah (dok: istimewa)

Jakarta, Klanews.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menjadwalkan pemeriksaan terhadap seorang saksi terkait kasus korupsi Pengadaan Kapal di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai serta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP),

Direktur Utama PT Daya Radar Utama (DRU) Amir Gunawan yang akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka berinisial IPR alias Istadi Prahastanto Pejabat Pembuat Komitmen Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Menurut juru bicara KPK Febri Diansyah ke wartawan di Gedung KPK, Senin (17/6/2019), Amir diperiksa karena kapasitasnya sebagai saksi untuk tersangka IPR.

Lihat juga: Mantan Menteri Kelautan Sharif Cicip Jadi Target KPK Terkait Korupsi Pengadaan Kapal

Sebelumnya KPK telah menetapkan tiga tersangka korupsi Pengadaan 16 Unit Kapal Patroli Cepat di Direktorat Penindakan dan Penyidikan Ditjen Bea dan Cukai tahun anggaran 2013-2015.

Ketiga tersangka itu adalah Pejabat Pembuat Komitmen Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Istadi Prahastanto, Ketua Panitia Lelang Heru Sumarwanto dan Direktur Utama PT DRU Amir Gunawan.

Lihat juga: Mengintip Kelengkapan Kapal Orca Yang Dikorupsi Pejabat KKP

Dalam kasus lainnya yaitu kasus korupsi Pembangunan 4 Unit Kapal untuk Sistem Kapal Inspeksi Perikanan Indonesia di Direktorat Jenderal PSDKP KKP 2012-2016, ada dua tersangka yang telah ditetapkan.

Kedua tersangka itu adalah PPK Aris Rustandi serta Direktur Utama PT DRU Amir Gunawan. Akibat kedua kasus tersebut kerugian negara ditaksir mencapai sekitar Rp 179,28 miliar.


Penulis: Haerul
Editor: Januar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here