Kapal Ikan Ilegal Milik Malaysia Kembali Ditangkap Di Wilayah Perairan Selat Malaka

0
37
KP Orca 02 milik Kementerikan Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali menangkap satu kapal ikan asing (KIA) KM PKFB 1802 asal Malaysia pada Jumat (21/6/2019) di perairan Selat Malaka (dok: istimewa)

Jakarta, Klanews.id –  KP Orca 02 milik Kementerikan Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali menangkap satu kapal ikan asing (KIA) KM PKFB 1802 asal Malaysia pada Jumat (21/6/2019) di perairan Selat Malaka.

Kapal yang ditangkap di wilayah yang belum disepakati batas-batasnya oleh Indonesia dan Malaysia tersebut, selanjutnya dikawal menuju pangkalan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Batam Kepulauan Riau.

Lihat juga: Akibat Hilang Kendali Kapal Pesiar Tabrak Dermaga di Venesia

Menurut Agus Suherman dari hasil pemeriksaan kapal tersebut diawaki oleh lima orang yang berkewarganegaraan Myanmar. Namun saat pemeriksaan, tak satu pun yang mengaku sebagai nakhoda.

KP Orca 02 terus mendalami dan melakukan proses pemeriksaan kapal yang meliputi dokumen, muatan, termasuk jumlah dan identitas awak kapal.

Lihat juga: KPK Periksa Dirut Daya Radar Utama dalam Kasus Korupsi Pengadaan Kapal Di KKP dan Bea Cukai

Dalam proses penggeledaan tersebut salah satu awak kapal diyakini merupakan nakhoda KM PKFB 1802 dan akan dilakukan pendalaman oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Perikanan di Pangkalan PSDKP Batam, dan dimungkinkan akan ditetapkan sebagai tersangka.

“Apabila nantinya dalam proses penyelidikan terbukti sebagai nakhoda kapal, akan ditetapkan sebagai tersangka dan harus menjalani proses hukum di Indonesia,” kata Agus.


Penulis: Adam
Editor: Faisal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here