Adik Rocky Gerung, Ahli Rumput Laut Yang Mendunia

0
124
(dok: istimewa) Grevo Gerung merupakan Professor ahli rumput laut ini bahkan berhasil menemukan beberapa spesies rumput laut yang diberi nama ilmiah sesuai dengan namanya

Jakarta, Klanews.id – Mendengar nama Gerung, pasti kita akan teringat nama salah satu pengamat politik yang sering tampil di televisi maupun media online. Di balik kepopulerannya, tak banyak yang tahu kalau Rocky Gerung juga punya adik kandung yang tak kalah hebat, bernama Grevo Gerung.

Latar belakang akademisi memang melekat di keluarga Gerung. Grevo Gerung sendiri juga merupakan akademisi yang fokus dalam riset tentang kelautan. Fokus riset pada biodiversitas rumput laut dan pada pengembangan lanjutan dari produk rumput laut, termasuk pada aplikasi dalam satu sistem dengan produk budidaya lainnya untuk keberlanjutan usaha dan lingkungan. Pemanfaatan Rumput laut dalam antisipasi perubahan iklim menjadi salah satu kajian.

Baca Juga: Manfaat dan Kegunaan Rumput Laut di Dunia Industri

Professor ahli rumput laut ini bahkan berhasil menemukan beberapa spesies rumput laut yang diberi nama ilmiah sesuai dengan namanya, diantaranya Gracilariocolax deformans Gerung, Gracilariocolax setchellii Gerung, dan Gracilariocolax sibogae Gerung.

Rocky Gerung juga mengungkapkan kalau adiknya sangat all out belajar sains. Bahkan di umur 15 tahun, Grevo sudah belajar di Jepang dan meneliti rumput laut secara mendalam yang membuat dunia mengapresiasinya.

Ahli rumput laut ini, lewat risetnya, juga berhasil menemukan bahan baku alternatif pengganti kayu untuk produk kertas dari rumput laut jenis alga merah. Bahan baku alternatif ini lebih efisien, karena mudah dikembangkan di Indonesia. Masa panennya pun relatif lebih singkat, hanya membutuhkan waktu 70 hari.

Alga merah memiliki serat yang lebih halus dan homogeny, sehingga dapat menghasilkan kualitas kertas yang lebih lebih baik dibandingkan kertas berbahan baku kayu. Pengolahannya juga lebih mudah. Selain itu, limbah sisa olahannya sangat ramah lingkungan dan bisa diolah kembali menjadi bio-energi.

Grevo Gerung aktif mengajar di Universitas Sam Ratulangi, mengajar mata kuliah Botani Laut (S1), Keanekaragaman Lingkungan Laut (S1) dan Tropical Marine Biodiversity (S2 & S3).

November 2017, Grevo Gerung terpilih menjadi Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dan kini dipercaya menjadi wakil rektor bidang akademik di Universitas sam Ratulangi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here