Jakarta, Klanews.id – Rizka Raisa Fatimah Ramli remaja berusia 18 tahun dari Makassar, Sulawesi Selatan telah mangharumkan nama Indonesia di kancah international pasalnya Rizka memenangkan kontes komik global yang digelar badan PBB Unicef dan Comics Uniting Nations, pada Januari 2019 lalu.

Selama enam bulan Rizka akhirnya menyelesaikan buku komiknya berjudul CIPTA, Create.

Judul buku ini diambil karena dianggap sesuai dengan nama karakter utama komik, pahlawan super khayalan yang menolong anak-anak untuk menghentikan kekerasan dan intimidasi di dalam dan sekitar sekolah.

Rizka adalah alumni SMA Negeri 2 Makassar  dan saat ini kuliah di Institut Seni Indonesia Denpasar.

Lihat juga: Program Rumah Ikan Dinas Kelautan Dan Perikanan Pangkajene Jalin Kerjasama Dengan Universitas Hasanuddin

Rizka telah mempersembahkan komiknya di Forum Politik Tingkat Tinggi PBB di New York, Amerika Serikat, pada 9-18 Juli 2019.

Lebih dari 3.600 karya yang diajukan oleh peserta dari 130 negara. Karya Rizka sebagai pemenang  akan didistribusikan kepada siswa di lebih dari 100 ribu sekolah di seluruh dunia.

Rizka menciptakan pahlawan super Cipta untuk membantu menghentikan kekerasan dan intimidasi yang dihadapi anak-anak di dalam dan di sekitar sekolah setiap hari di Indonesia dan di seluruh dunia.

Lihat juga: Kapal Pencuri Ikan Berbendera Panama Buruan Interpol Berhasil Ditangkap Satgas 115 di ZEE Indonesia

“Saya berharap Cipta dapat menginspirasi orang lain untuk mengambil tindakan, terutama mereka yang takut untuk berbicara,” kata Rizka.

“Melalui komik, saya ingin membantu anak muda mengatasi ketakutan mereka dan menggunakan kekuatan super mereka sendiri untuk menghentikan intimidasi dan kekerasan, termasuk melalui seni dan ekspresi,” lanjut Rizka.

Rizka telah dibantu dan bekerjasama tim profesional buku komik di AS untuk menghidupkan konsepnya. Selain  itu Rizka juga telah mendappat bimbingan dari tim Lattie, yang terkenal dengan desain komik ikonik Ghostbusters, Teenage Mutant Ninja Turtles, Plants vs Zombies dan Night Stars.


Penulis: Haerul
Editor: Hermansyah & Ikhsan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here