Mangrove Untuk Negeri

0
113
Perayaan Hari Mangrove Sedunia di Asmat. (dok: Blue Forests)

Makassar, Klanews.id – International Mangrove Day yang setiap tahunnya jatuh pada tanggal 26 Juli turut dimeriahkan Blue Forests bersama para pihak di berbagai wilayah, diantaranya di Mimika, Asmat, Makassar, Balikpapan dan Demak.

Blue Forests sebagai lembaga pelestari ekosistem mangrove di Indonesia menginisiasi perayaan International Mangrove Day dengan tujuan menguatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mangrove bagi kehidupan.

Tema besar yang diangkat pada perayaan tahun ini adalah “Mangrove untuk Negeri”. Tema tersebut coba didorong oleh Blue Forests dengan harapan lebih menggaungkan lagi manfaat ekosistem mangrove pada semua lini kehidupan, baik ekologi, ekonomi, maupun sosial.

Sejak dideklarasikan pada tahun 2004, Mangroves Day yang jatuh pada tanggal 26 Juli setiap tahunnya dijadikan momentum bagi banyak pihak untuk melakukan aksi dan menyuarakan kampanye terkait pelestarian ekosistem mangrove.

Baru pada tahun 2015, Konferensi Umum Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO) memproklamasikan 26 Juli sebagai Hari Internasional Mangrove dan menggarisbawahi pentingnya hutan mangrove sebagai “ekosistem yang unik, khusus dan rentan”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here