Jakarta, Klanews.id РPemerintah tengah fokus dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), olehnya itu  Kementerian Kelautan dan Perikanan mengharapkan Sekolah Tinggi Perikanan (STP) bisa menciptakan bibit SDM yang unggul dan terdepan.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto berharap lulusan STP harus siap menghadapi perubahan seiring dengan pencanangan Industri 4.0 yang telah digaungkan pemerintah.

“Sarjana Kelautan diharapkan mampu melihat potensi dan peluang serta siap menghadapi tantangan pembangunan sektor kelautan dan perikanan,” kata Slamet.

Lihat juga: 2 Kapal Rumah Sakit Terapung Di Sumenep Jawa Timur Diresmikan Kementerian Perhubungan

Lanjut Slamet, kontribusi dan profesionalisme sarjana kelautan untuk mengelola kekayaan sumber daya perikanan Indonesia mutlak diperlukan dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.

Kegiatan kelautan dan perikanan selamanya menjadi kegiatan strategis karena merupakan komponen ketahanan pangan dan pertumbuhan ekonomi dalam bidang perikanan tangkap dan budidaya.

Perguruan tinggi sebagai basis ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dan kelautan tempat berkumpulnya kaum intelektual, diharapkan dapat berperan langsung dalam memberikan kontribusi bagi kemajuan pembangunan kelautan nasional, lanjut Slamet.

Lihat juga: Komitmen LIPI untuk Kurban Ramah Lingkungan

Tantangan dalam pemanfaatan sumber daya alam terutama sumber daya kelautan akan semakin besar di tengah fenomena perubahan iklim, sehingga perlu mendorong pembangunan pengembangan IPTEK yang sejalan dengan perkembangan pembangunan ekonomi kelautan saat ini.

Menurut Slamet, pihaknya (KKP) sangat konsen dalam pengembangan ekonomi kelautan melalui optimalisasi sektor perikanan dan menjadikannya sebagai tumpuan pembangunan ekonomi nasional.


Penulis: Haerul
Editor: Ahmad & Jan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here