Kemenpora Ajak Pemuda Maritim Maksimalkan Potensi Kekayaan Laut

0
52
Deputi Pemberdayaan Pemuda, Kemenpora Faisal Abdullah saat membuka pembekalan peserta KPN 2019 di Jakarta, Jumat (30/8). ( foto : kemenpora.go.id)

Jakarta, Klanews.id – Deputi Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah mengajak peserta Kapal Pemuda Nusantara (KPN) 2019 berdoa bersama untuk keutuhan NKRI sekaligus menginginkan pemuda maritim memaksimalkan potensi dan kekayaan laut Indonesia. Hal itu disampaikan Faisal saat membuka pembekalan peserta KPN 2019 di Jakarta, Jumat (30/8/2019).

“Saya bangga dan senang melihat semangat adik-adik semua yang sudah terpilih menjadi peserta Kapal Pemuda Nusantara 2019. Kalian berasal dari 34 provinsi di seluruh Indonesia, hari ini kita tahu di Papua terjadi kejadian yang tidak kita inginkan. Mari kita sama-sama berdoa untuk Papua dan keutuhan NKRI bangsa Indonesia,” katanya.

Program Kapal Pemuda Nusantara 2019 merupakan program prioritas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan tujuan menjadikan laut sebagai bagian dari investasi nasional. Sebanyak 102 peserta KPN 2019 ini akan bergabung dengan Sail Nias 2019 dan akan menempuh perjalanan laut dari tanggal 2 s.d 21 September (20 hari). Rute yang akan di tempuh peserta KPN yakni, Jakarta, Sibolga- Nias Selatan- Lampung- Jakarta.

Baca Juga : Bahas Lingkungan Maritim, 7 Negara ASEAN Berkumpul di Manila

“Laut Indonesia sangatlah luas dan memiliki potensi yang luar biasa. Banyak pulau-pulau di Indonesia yang belum terjamah oleh manusia. Ini menjadi tugas kalian semua untuk memanfaatkan potensi laut Indonesia. Jadi saya minta kepada seluruh peserta memaksimalkan KPN ini dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

Acara pembekalan KPN 2019 juga dihadiri oleh Staf Khusus Bidang Pemuda Anggia Ermarini yang juga memberikan materi kepada peserta. Perempuan yang akrab disapa Anggi ini memberikan materi dengan tema

“Membangun Potensi Pemuda Bahari”. “Indonesia sebagai negara maritim memiliki kekayaan laut yang luar biasa, anak muda memiliki peran besar untuk membangun kemaritiman di Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga : Kemenko Maritim Dorong Mangrove Sebagai Isu Nasional

Sementara Asisten Deputi Peningkatan Kapasitas Pemuda IG Putu Raka Pariana mengatakan bahwa kegiatan ini juga melibatkan dan bersinergi dengan Pemuda Saka Bahari TNI AL, Pemuda Bela Negara dari Kementerian Pertahanan.

“Kegiatan KPN ini bersinergi degan Program dari TNI AL Melalui Program Saka Bahari dan Pemuda Bela Negara dari Kemenhan dengan berlayar menggunakan Kapal KRI Milik TNI AL,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here