Festival Pinisi 2019, dari Ritual, Kontes Foto, Hingga Fashion Show

0
82
Kapal Pinisi saat membawa Obor Asian Games di Pantai Tanjung Bira, Bulukumba. (Dok Istimewa)

Bulukumba, Klanews.id – Kabupaten Bulukumba dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak destinasi wisata. Dari ketingginggian hingga bawah laut, kabupaten dengan julukan Butta Panrita Lopi ini memiliki pesona tersendiri.

Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, beraga promosi pun dilakukan. Salah satunya, Festival Pinisi 2019 yang telah memasuki tahun ke-10 yang akan digelar mulai, Rabu 11 September hingga Sabtu 14 September 2019 mendatang.

Festival Pinisi, masuk dalam daftar 100 Wonderful Event regional III tahun 2019 adalah salah satu even unggulan Provinsi Sulawesi Selatan dari sejumlah even lainnya yang masuk dalam Top 10 Nasional Event yang telah ditetapkan Kementerian Pariwisata.

Beragam acara pun telah disiapakan yang digadang-gadang bakal lebih meriah dibanding tahun sebelumnya. Bukan hanya seremoni belaka, tetapi akan menampilkan beberapa konten acara. Kegiatan dipusatkan di Lapangan Pemuda Bulukumba dan Pantai Pasir Putih Tanjung Bira.

Baca Juga : Menalar Kemerdekaan Indonesia dari Pinisi Pusaka Indonesia

Bupati Bulukumba Sukri Sappewali berharap Festival Pinisi tahun ini lebih meriah sehingga minat wisatawan khususnya Bulukumba bisa lebih meningkat. Apalagi tahun ini, konten yang akan ditampilkan yakni Pinisi Ekspo yaitu pameran multi produk UMKM dan Kuliner, juga ada konten kegiatan ritual peluncuran perahu Pinisi yang dikenal dengan Annyorong Lopi.

“Festival Pinisi bukan sekadar acara pariwisata, melainkan mengenalkan Bulukumba sebagai pusat pembuatan Kapal Pinisi yang berjaya sejak masa lampau. Kami ingin mengangkat kembali nilai-nilai masyarakat Bulukumba saat membuat Pinisi yang mampu mengarungi samudra,” tuturnya.

Juga dilaksanakan Wisata Rally yaitu kontes otomotif. Kegiatan Carnaval Budaya yaitu pertunjukan seni dan budaya tradisional Butta Panitia Lopi Bulukumba. Kontes modifikasi motor dengan mengusung tema Budaya dan Pinisi, selain itu pula bagi pecinta fotografi, tahun ini juga akan hadir kontes foto dan video dengan tema Obyek Wisata Bulukumba dan Festival Pinisi 2019.

Baca Juga : Kemenpora Ajak Pemuda Maritim Maksimalkan Potensi Kekayaan Laut

”Ayo manfaatkan waktunya ke Bulukumba menyaksikan Festival Phinisi 2019. Menyajikan berbagai kegiatan Carnaval Budaya Kajang, Pentas Seni dan Budaya, Senandung Kopi Kahayya, Festival Laongruma, Festival Samindara, Festival Datotiro, Opera rakyat Butta Panrita Lopi, Fashion Show, kontes tari Kontemporer, lomba kreatifitas anak,” tandas Sukri.

Sukri berharap Festival Pinisi mampu menyedot antusiasme wisatawan dan memberdayakan potensi daerah, memperkenalkan keaneka ragaman budaya kepada masyarakat nusantara dan mancanegara, serta lebih mengokohkan Bulukumba sebagai Destinasi utama di kawasan timur Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here