Masyarakat Pesisir Perlu Perhatian Khusus Masalah Kesehatan

0
87
(dok: istimewa)

Makassar, Klanews.id – Masyarakat pesisir, khususnya yang tinggal di pulau-paulau kecil dan berprofesi sebagai nelayan memiliki risiko kesehatan yang tinggi. Sehingga perlu diberikan perhatian khusus dalam upaya pembangunan kesehatan.

Demikian isu yang dimunculkan dalam ‘Diskusi Kesehatan Masyarakat Pesisir” yang dilaksanakan Himpunan Mahasiswa Islam (HmI) Komisariat Ilmu dan Teknologi Kelautan Cabang Makassar Timur di Koridor Kelautan, Universitas Hasanuddin baru-baru ini.

Tampil sebagai fasilitator, Nurul Novi Pratiwi dari Korps HmI Wati (Kohati) Komisariat Kesehatan Masyarakat Cabang Makassar timur. Dalam pengantarnya, Novi membuka diskusi dengan pertanyaan, “Apa sebenarnya maksud dari sehat ?”.

Baca Juga : Kampung Pesisir: Harmonisasi Koridor Biru Dalam Menyelaraskan Langkah

Peserta diskusi menyapaikan argumennya bahwa sehat merupakan suatu keadan sejahtera fisik, mental dan sosial, bukan hanya ditinjau dari adanya penyakit atau kelemahan. Beranjak dari argument tersebut Novi kemudian membenarkannya.

“Memang betul konsep yang disampaikan tersebut, sehat tidak hanya lihat dari segi fisik saja. Bahkan banyak seseorang yang kita lihat sehat dari fisiknya tetapi belum tentu sehat dari segi mental maupun sosialnya,” ujarnya.

Kata dia, salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan pada masyarakat secara umum yaitu genetika atau faktor yang dipengaruhi oleh keturunan, Lingkungan, pendidikan, ekonomi dan fasilitas.

Baca Juga : Lawi-Lawi, Lalapan Sehat Masyarakat Pesisir

“Menurut survey yang dilakuan WHO, masyarakat pesisir termasuk memiliki tingkat kesehatan yang masih rendah sehingga perlu diberikan perhatian khusus,” ujar Novi.

Terkait kesehatan, perhatian khusus harus diberikan kepada masyarakat pesisir di Pulau-pulau kecil. Dimana saat ini fasilitas kesehatan, sanitasi dasar, dan penyediaan air bersih masih sangat minim.

Sementara, salah satu peserta diskusi Muh. Shidiq menyampaikan, hal yang menyebabkan, masalah lain di pesisir yaitu sampah. Perlu diperhatikan lagi oleh pemerintah, bukan salah masyarakat pesisir khususnya yang berada di pulau-pulau kecil ketika permasalahan sampah belum mampu diatasi oleh mereka. “Pertanyaannya, Mau dikemanakan sampah-sampah tersebut,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here