Mendagri Persilakan Gubernur Maluku Protes Menteri Susi

0
89
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo

Jakarta, Klanews.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mempersilakan Gubernur Maluku Murad Ismail mengajukan keberatan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti, terkait kebijakan yang dinilai merugikan dan tidak sejalan dengan kondisi di daerah.

Tjahjo Kumolo menilai Murad Ismail sebagai kepala daerah berhak mengajukan protes jika memang kebijakan Menteri Susi dirasa merugikan masyarakat di wilayahnya.

“Kalau ada kementerian mengeluarkan aturan yang menurut Gubernur sebagai penguasa wilayah tidak sinkron dengan situasi kondisi daerah dan masyarakat, ya silakan mengajukan keberatan. Menurut saya tidak ada masalah,” kata Tjahjo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Tjahjo menyebutkan bahwa gubernur merupakan wakil pemerintah pusat di daerah dan dialah yang tahu wilayahnya. Kepala daerah juga punya program dan janji politik. Di sisi lain, gubernur juga harus mengikuti regulasi yang diatur pemerintah pusat sehingga, kalau ada regulasi atau kebijakan pusat dalam hal ini menteri, maka kepala daerah bisa ajukan keberatan.

Baca Juga Geram dengan Kebijakan KKP, Gubernur Maluku Menyatakan Perang Lawan Menteri Susi

“Saya kira diskresi kepala daerah penting dalam hal yang mungkin memang ada keputusan yang tak sesuai kondisi geografis, tantangan dan masalah yang dihadapi oleh daerah,” kata dia.

Soal kemungkinan Kemendagri akan memediasi gubernur pensiunan Polri itu dengan Menteri Susi, Tjahjo berdalih belum mengetahui detail masalah kebijakan Menteri Susi yang diprotes oleh Murad. Namun, ia mengaku sebelumnya juga mendapat keluhan dari para bupati di wilayah provinsi Maluku terkait kinerja Susi.

“Memang sebelumnya jauh sebelum Pak Murad Ismail menyatakan keberatan, memang ada beberapa bupati di provinsi Maluku yang juga merasa keberatan. Saya bilang silakan dikoordinasikan dengan Pak Gubernur sebagai penguasa wilayah. Itu saja,” ujarnya.

Baca Juga : Dukung Perang Lawan Menteri Susi, Pemuda Maluku Siap Duduki KKP

Tjahjo juga enggan mempermasalahkan langkah Murad yang mempublikasikan masalah ini ke media. Ia meyakini Mantan Kepala Korps Brimob itu sudah menyampaikan keberatan langsung kepada Susi baik lewat surat atau pun telpon. “Kan sekarang komunikasi sudah semakin luas, bisa dengan media, dengan telepon, video conference semua bisa,” ujar politisi PDI-P ini.

Tjahjo juga mengingatkan bahwa Presiden Joko Widodo alias Jokowi sering berpesan tentang bagaimana membangun hubungan tata kelola pemerintah pusat dan daerah yang efektif dan efisien tanpa menyulitkan daerah. “Tetapi juga program strategis nasional harus jalan di daerah dengan baik,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here