Agar Strip, Inovasi Pangan Sehat Rumput Laut

0
49
Agar Strip, Inovasi Pangan Sehat dari Rumput Laut (dok : kkp.go.id)

Klanews.id – Pangan merupakan kebutuhan utama manusia sebagai sumber pemenuhan energi dan gizi bagi tubuh. Tidak hanya makanan, minuman pun dikategorikan ke dalam jenis pangan. Tersedianya pangan yang aman dan bergizi menjadi hak masyarakat. Oleh karenanya perlu mendapat perhatian besar. Pangan sehat yang terjamin keamanan dan kualitas gizinya dapat menjamin berlangsungnya regenerasi yang sehat dan produktif.

Salah satu pangan sehat dari adalah Agar strip yang merupakan produk inovasi dari bahan baku rumput laut Gracillaria, sp. yang dihasilkan Balai Besar Pengujian Penerapan Hasil Perikanan (BBP2HP). Produk ini telah berhasil diterapkan oleh Koperasi Mina Agar Makmur di Kabupaten Karawang yang juga mitra binaan Corporate Sosial Responsibility PT. Pertamina EP Asset 3 Tambun Field.

Menurut Plt. Kepala BBP2HP, Muhammad Wahidin, ide inovasi “agar strip” berawal dari masukan dari Direktur PT. Agarindo Bogatama, Soerianto Kusnowirjono ditahun 2017 untuk dapat membuat “agar strip” yang dibutuhkan tetapi belum diproduksi di Indonesia.

Baca Juga : Pemkab Lutra Terus Genjot Sektor Perikanan

Kemudian BBP2HP menjadikan usulan tersebut sebagai salah satu target kinerja dan mewujudkan rekayasa produk inovasi “agar strip” pada tahun 2018 sebagai produk olahan hasil kelautan dan perikanan yang mengandung serat tinggi dan cocok dijadikan menu diet. Makanan tersebut banyak dipasarkan di luar negeri seperti Jepang dan Cina.

“Dalam implementasi penerapan hasil rekayasa produk inovasinya di tahun 2019, BBP2HP menggandeng Koperasi Mina Agar Makmur yang diketuai Usup Supriatna yang juga mitra binaan PT. Agarindo Bogatama,” ungkap Wahidin.

Pada 25 September 2019, dalam acara yang bertajuk “Seanergy Pesisir Berseri” dilaksanakan peresmian gudang rumput laut dan Dapur Kreatif Anugerah Pertiwi bertempat di Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang. Hadir dalam acara ini, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Karawang, Hendro Subroto, Plt. Kepala BBP2HP KKP, M. Wahidin, Direktur PT Agarindo Bogatama, Soerianto Kusnowirjono, Manajer PT. Pertamina EP Asset 3 Tambun Field, Ceppy Agung Kurniawan, serta para pembudidaya dan pengolah rumput laut.

Gudang rumput laut yang diresmikan saat ini dikelola oleh Koperasi Mina Agar Makmur bekerja sama dengan PT. Agarindo Bogatama. Agarindo menyerap sekitar 1.500 ton rumput laut yang dihasilkan Koperasi Mina Agar Makmur dari total penyerapan PT. Agarindo setiap tahun sekitar 15.000-18.000 ton per tahun.

Usai peresmian Gudang Rumput Laut, dilanjutkan peresmian Dapur Kreatif Anugerah Pertiwi sebagai tempat pengolahan rumput laut. “Saya senang karena produk agar strip tergolong produk baru sehingga menjadi tantangan buat mengembangkannya sekaligus memberdayakan ibu-ibu yang ada di Desa Sedari untuk memproduksi olahan berbahan baku rumput laut”, ujar Usup.

Selain menerapkan “agar strip” sebagai salah satu produk olahan unggulannya, Koperasi Mina Agar Makmur juga telah membuat produk turunan agar strip yaitu Mie Krystal. Penyajian Mie Kristal ini dapat dinikmati layaknya mie instan yang biasa beredar di pasaran. Hanya bedanya pada kandungan gizinya, mie Kristal bebas karbohidrat, tanpa kandungan glutein, kaya akan serat dan mineral.

Mengenai rasa dari Mie Kristal, menurut bu Suminah salah satu peserta yang turut mencicipi mengatakan “Rasanya tidak kalah dengan mie instan biasa, enak dan gurih apalagi jika ditambah baso ikan atau sosis ikan tentu akan lebih menarik”.

Harapannya, sinergi BBP2HP KKP, PT. Pertamina EP Asset 3 Tambun Field, Koperasi Mina Agar Makmur, PT. Agarindo Bogatama dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Karawang akan terus diperluas sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Karawang dan sekitarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here