Tiga Tahun MDC ULM, Terus Tebarkan Virus Konservasi Laut

0
73
Penyemalam MDC FPK-ULM setelah sukses melaksanakan Pengibaran bendera bawah laut dalam rangka Lustrum XI memperingati 55 Tahun Fakultas Perikanan dan Kelautan ULM dan HUT Proklamasi Republik Indonesia Ke-74 di Pulau Kerayaan Kabupaten Kotabaru 17 Agustus 2019 lalu. (Dok : MDC FPK-ULM)

Banjar Baru, Klanews.id – Sabtu 28 September 2019 klub selam Marine Diving Club Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat (MDC FPK ULM) genap berusia tiga tahun.

Tepatnya 28 September 2016 jam 18.00 Wita di Banjarbaru, 14 mahasiswa yang merupakan penyelam tersertifikasi serta dukungan 3 dosen, secara resmi membentuk Panitia Persiapan Pembentukan Klub Selam Mahasiswa Ilmu Kelautan ULM. Selanjutnya tanggal 7 – 8 Oktober 2016 dilaksanakan Mubes ke-1 MDC-ULM di Banjarbaru dan memilih Ketua dan Pengurus Inti.

Sebagai organisasi mahasiswa yang semi otonom dalam lingkungan Jurusan Kelautan, MDC-ULM bermaksud untuk menyalurkan minat dan bakat mahasiswa dalam bidang penyelaman dengan tujuan mengembangkan kelembagaan yang profesional berbasis keilmuan dan menciptakan sumberdaya penyelam dengan kemampuan yang handal.

Tiga tahun terbentuk, klub selam yang memiliki motto “Scientific, Smart and Safety” telah melaksanakan puluhan kegiatan baik tingkat lokal maupun nasional. Ketua MDC FPK ULM, Yuniar Rahmah kepada klanews.id, Sabtu (29/9/2019) menyampaikan kegiatan MDC-FPK ULM fokus utamanya adalah pengkaderan dan kegiatan keilmuan kelautan.

“Alhamdulillah, MDC FPK-ULM telah tiga tahun eksis, tentunyan ini adalah usia yang masih muda dan masih perlu banyak peningkatan baik secara lembaga maupun individu yang tergabung dalam MDC,” ujar Yuniar.

Baca Juga : Perlu Aksi Nyata Selamatkan Terumbu Karang

Beberapa kegiatan rutin yang dilakukan selama ini adalah Diklat Selam, Reef Check, Rehabilitasi Terumbu Karang, Bersih Pantai dan Laut, aktif di Forum Penyelam Mahasiswa Indonesia, Pelatihan peningkatan kapasitas seperti Metode Pemantauan Terumbu Karang serta kegiatan lainnya.

Terakhir, MDC sukses melaksanakan kegiatan nasional Pengibaran bendera bawah laut memperingati 5 HUT Proklamasi Republik Indonesia Ke-74 di Pulau Kerayaan Kabupaten Kotabaru yang dirangkaikan dengan Underwater Clean Up dan Transplantasi Karang pada tanggal 15 hingga 17 Agustus 2019.

“Sebagai klub selam berbasis keilmuan, MDC terus konsisten untuk menebarkan virus konservasi laut khususnya ekosistem terumbu karang yang memiliki peran penting bagi lingkungan maupun sosial ekonomi,” jelas Mahasiswi angkatan 2015 ini.

Baca Juga : Mahasiswa dan Masa Depan NKRI

Sementara pembina MDC FPK ULM, Nursalam menyampaikan, Provinsi Kalimantan Selatan memiliki potensi maritim yang besar. Terutama ekosistem terumbu karang, mangrove dan pulau-pulau kecil untuk menggerakan potensi pariwisata bahari. Kawasan terumbu karang di Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu yang merupakan kawasan strategis dari sudut kepentingan fungsi dan daya dukung lingkungan hidup terutama untuk kawasan terumbu karang dan biota langka yang merupakan bagian dari segitiga kawasan terumbu karang dunia (CTI).

“Dengan potensi besar ini, kedepan MDC-FPK ULM harus mengambil peran lebih besar lagi dengan berdasar pada tri dharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kelautan, khususnya dunia bawah laut,” ujar Dosen Program Studi Ilmu Kelautan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here