Mahasiswa Makassar Menolak Menyerah

0
42
Aksi Mahasiswa Makassar (Dok : Istimewa)

Makassar, Klanews.id – Bukan hanya di Jakarta maupun daerah lainnya, ribuan mahasiswa dan koalisi masyarakat sipil di Kota Makassar kembali melakukan aksi demonstrasi, Senin (30/9/2019).

Ribuan massa ini melakukan long march dari kampus masing-masing dan berkumpul di titik aksi yang dipusatkan di Gedung DPRD Sulsel dan sekitar Fly Over Jalan Urip Sumiharjo, Kota Makassar.

Tercatat, massa yang kebali turun ke jalan di Kota Makassar perwakilan dari mahasiswa UNHAS, UNM, UIN Alauddin, UMI, STIM LPI, Unismuh Makassar, STIMIK Dipanegara, Unibos, UKIP, UIT, YPUP UIM Al Gazali, ATIM, HMI, PMII dan kampus lainnya. Serta ada pula perwakilan dari Ormas Buruh, Gabungan Pelajar dan Koalisi Masyarakat Sipil.

Baca Juga : Mahasiswa dan Masa Depan NKRI

Mahasiswa kembali melakukan aksi demonstrasi ini karena tuntutan mereka yang belum sepenuhnya di penuhi oleh DPR-RI dan Presiden Jokowi. Serta tanggal aksi yang jatuh 30 September dipilih karena berbarengan dengan sidang paripurna DPR periode 2014-2019 yang terakhir kali.

Diketahui tuntutan mahasiswa masih sama dengan apa yang disampaikan Sejak 24 September lalu yakni mendesak penerbitan Perppu untuk mencabut UU KPK hasi revisi DPR, menolak RKUHP, RUU Pemasyarakatan, RUU Pertanahan, RUU Minerba, RUU ketenagakerjaan dan RUU kontroversial lain. Tuntutan baru adalah penyampaian solidaritas serta penindakan tegas terhadap aparat yang melakukan kekerasan pada aksi sebelumnya.

Aksi di Kota Makassar mulai berlangsung sejak jam 10.00 hingga 19.00 Wita. “Kami mahasiswa se-Kota Makassar sepakat untuk tidak menyerah menyampaikan aspirasi. Aksi akan terus kami lakukan jika tuntutan tidak dipenuhi,” ujar salah satu mahasiswa saat melakukan orasi di depan Gedung DPRD Sulsel.

Baca Juga : ISKINDO Mengutuk Praktik Kekerasan yang Dialami Mahasiswa di Kendari

Walaupun perwakilan DPRD Sulsel telah menerima langsung perwakilan mahasiswa serta menyatakan siap untuk meneruskan aspirasi ke tingkat pusat saat siang hari, namun ribuan mahasiswa masih memilih bertahan hingga malam dan terus melakukan orasi.

Anggota DPRD Sulsel, Arum Spink mengatakan siap mengawal tuntutan mahasiswa dan menyampaikan para pimpinan di Jakarta. Karenanya, Ketua Fraksi NasDem Sulsel tersebut berencana terbang ke Jakarta dalam waktu dekat. “Kami siap mengawal tuntuntan mahasiswa. Dan tentunya kami juga meminta ada perwakilan dari kalian (mahasiswa) untuk turut memantau perkembangannya,” ungkap Arum Spink.

Meski bertahan hingga malam dan memblokade jalan yang mengakibatkan kemacetan panjang di sejumlah jalan, unjuk rasa masih berlangsung aman dan damai. Terlihat ratusan aparat kepolisian mengawal ketat aksi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here