Jakarta, Klanews.id – Puan Maharani Nakshatra Kusyala resmi menjadi Ketua DPR RI periode 2019-2024 usai dilantik, Selasa (1/10/2019).

Puan menjadi Ketua DPR RI perempuan pertama dalam sejarah parlemen di Indonesia.

Puan memulai pengalaman keorganisasian saat masih muda dengan menjadi anggota Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) pada tahun 2006. Kemudian menjadi pengurus PDI Perjuangan.

Puan pertama kali mengikuti pemilu pada 2009 dan terpilih dengan meraih 242.504 suara.

Puan mencalonkan diri sebagai caleg PDIP di daerah pemilihan Jawa Tengah V yang meliputi Sukoharjo, Surakarta, Boyolali, dan Klaten.

Puan kembali maju sebagai caleg di dapil yang sama pada pemilu 2014 dengan perolehan 369.927 suara.

Kemudian menjadi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) di kabinet kerja Presiden Joko Widodo periode 2014-2019.

Pada pemilu yang lalu, Puan kembali mencalonkan menjadi caleg dan menang dengan perolehan suara terbanyak, yakni 404.034 suara.

Terakhir, Puan mundur dari jabatannya di Kabinet Kerja Jokowi karena terpilih menjadi Ketua DPR RI mewakili PDIP untuk masa jabatan 2019-2024.

Dalam acara pelantikan Ketua DPR RI terpilih, sejumlah tamu undangan dan pejabat Negara hingga Ketua Umum Partai Politik juga terlihat hadir di sana.

Di antaranya ada Ketua Umum PDI Perjungan, Megawati Soekarno Putri, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan putra bungsu Mantan Prosiden SBY, Agus Harimurti Yudhoyono.

Megawati terlihat berjalan menujuh kursi tamu dengan balutan kebaya merah dan selendang warna putih dengan rambut disanggul.

Sambil tersenyum, Megawati berjalan menuju kursi tempat duduknya, tamu undangan lain yang hadir disana berdiri hendak bersalaman.

Terlihat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyapa Megawati dan ingin bersalaman, namun sayang keinginan AHY untuk bersalaman tak digubris oleh Megawati. Megawati malah bersalaman dengan orang yang bersebelahan AHY.

Tak berhenti disitu, Megawati pun terlihat melewati dan tidak mau bersalaman dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, padahal Surya Paloh sudah berdiri dari tempat duduknya, namun Megawati malah buang muka.


Penulis: Haerul
Editor: Rahmad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here