Luhut Binsar Panjaitan: Kapal Ilegal jangan Ditenggelamkan

0
47
(dok: istimewa)

Jakarta, Klanews.id – Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menginginkan agar kapal-kapal ilegal yang berhasil ditangkap pemerintah dapat dimanfaatkan.

Luhut menyampaikan keinginannya tersebut, saat menghadiri acara Rapat Umum Anggota Indonesian National Shipowner Assosiation (Insa) 2019 di Hotel Borobudur, Jakarta Selatan, Senin (9/12).

Sebelum menyampaikan keinginannya tersebut, Luhut terlebih dahulu bercerita soal kunjungannya ke salah satu sekolah pelayaran di Makassar. Dia prihatin soal sekolah tersebut dalam pelajaran navigasi awak kapal, sekolah tersebut tidak memiliki alat peraga.

Lihat juga: KKP Tertibkan 12 Rumpon Ilegal yang Diduga Milik Nelayan Filipina

“Saya pergi ke sekolah pelayaran di Makassar, mereka belajar navigasi awak kapal. Saya lihat masak nggak ada alat raganya. Saya tanya gimana raganya? Bayang-bayangin aja pak,” kata Luhut.

“Saya heran kok bisa begitu,” lanjutnya.

Luhut menyampaikan, hal ini bisa diantisipasi dan diatasi dengan memanfaatkan kapal-kapal ilegal yang ditangkap masuk ke perairan Indonesia. Salah satunya dimanfaatkan untuk alat praktik di sekolah pelayaran.

Lihat juga: Bareskrim Polri Meringkus 19 Tersangka Pemasok 8 Ribu Bom Ikan

“Kapal-kapal tangkapan pemerintah harusnya jangan ditenggelamkan. Salah satunya bisa digunakan untuk alat peraga bagi sekolah pelayaran,” kata Luhut.

“Makanya kita mau kapal-kapal yang ditangkap jangan ditenggelamin semua lah. Kan bisa kita manfaatkan buat gini-gini (alat praktik sekolah pelayaran),” lanjut Luhut.


Penulis: Haerul
Editor: Jan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here