Wisata di Pantai, Kenali Teknik Berenang di Laut Agar Tetap Aman

0
37
Wisata Pantai. (Foto : Pixabay)

Klanews.id – “Libur telah tiba, Libur telah tiba, Hore! Hore! Hore!”. Demikian penggalan lagu Tasya mengenai kegembiraan menyambut libur. Salah satu yang dapat menjadi pilihan adalah berekreasi bersama keluarga di pantai tentu sangat menyenangkan.

Liburan di pantai tak akan lengkap tanpa menceburkan diri ke perairan lepas. Bisa melihat gugusan terumbu karang atau berenang dikelilingi makhluk laut memang menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan.

Namun kamu juga harus mengetahui dengan baik bagaimana teknik berenang yang sebenarnya di laut. Berikut ini 10 teknik berenang di laut yang patut kamu perhatikan:

1. Cari informasi

Sebelum berwisata di pantai, lebih baik kamu mencari informasi terlebih dahulu tentang pantai yang ingin kamu kunjungi. Apakah pantai tersebut bisa untuk berenang atau tidak.

2. Ramai-ramai

Sebelum memasuki air, pastikan bahwa kamu berenang bersama teman. Bawalah seseorang yang juga bisa berenang. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Ingatlah bahwa bahaya berenang di laut jauh lebih banyak dibandingkan di kolam renang.

3. Selalu tenang dan fokus

Ingatlah bahwa kamu bukan berenang di kolam yang tidak berarus. Di laut, arus bisa berubah kapan saja tanpa dapat diprediksi sehingga kamu harus selalu fokus saat berenang.

Namun tetap tenang dalam situasi apapun. Kepanikan justru akan membuat tubuh sulit untuk dikendalikan. Tenangkan pikiran dan fokuslah pada perubahan terutama arus di sekitar.

4. Gunakan googles atau Masker

Kacamata renang atau googles sebaiknya kamu gunakan ketika berenang di laut. Air laut yang asin akan membuat mata menjadi perih. Untuk menghindari hal tersebut, gunakan googles. Gunakan googles yang pas agar berenang tetap nyaman.

Baca Juga : Pantai Sahraen, Surga Tersembunyi Wisatawan Australia di Kabupaten Kupang

5. Gunakan pelampung

Meskipun kamu adalah seorang profesional, sebaiknya tetap gunakan pelampung saat berenang di laut, terutama jika kedalamannya cukup dalam. Hal ini sebagai salah satu bentuk pencegahan terjadinya kecelakaan akibat arus yang tiba-tiba pasang.

6. Selalu berada di Permukaan

Usahakan untuk selalu berenang di atas permukaan air. Hindari menyelam jika kamu tidak menggunakan perlengkapan menyelam yang sesuai standar. Jika hanya ingin berenang, maka tetaplah berada di atas permukaan air.
Hindari ekosistem bawah laut

Beberapa tempat memiliki ekosistem bawah laut yang harus diwaspadai. Mulai dari ubur-ubur, bulu babi, hingga terumbu karang. Selain merusak ekosistem, gerakan renang juga dapat mencederai diri sendiri. Maka dari itu, pastikan bahwa tempat kamu berenang memang aman dari berbagai bahaya.

7. Hindari melawan arus

Jika saat berennag kita tersesat ke tengah laut, maka jangan panik. Berenanglah kea rah kiri atau kanan kita terlebih dahulu. Baru selanjutnya mengikuti arah ombak yang ke daratan. Hindari mencoba berenang menuju tepi atau daratan langsung. Ini di sebabkan kita kita melawan arus dan malah akan sulit kembali ke daratan.

Baca Juga : Liburan di Banyuwangi, Ini Lokasi Favorit yang Bisa Dikunjungi

8. Perkirakan cuaca

Seseorang yang berada di alam terbuka, seperti pantai, memiliki kemungkinan besar untuk tersambar petir. Kalau langit sudah mendung walaupun hujan belum turun, sebaiknya keluar dari perairan dan mencari tempat berteduh. Selain petir, gulungan ombak besar juga bisa menjadi ancaman mendadak.

9. Pantai bukan kolam renang

Menjauhlah segera dari perairan jika melihat makhluk laut yang sekiranya bakal menyengat atau menggigit. Jangan berusaha mendekat atau memegangnya, karena mereka bisa langsung menyerang demi melindungi diri. Ketahui juga kalau pantai juga bukan kolam renang, sehingga perlu tenaga lebih kuat dan teknik khusus untuk mengambang di perairannya.

10. Gunakan sunblock

Berenang di laut berarti berhadapan langsung dengan matahari. Sinar matahari dapat menjadi musuh bagi kulit. Maka dari itu, gunakan sunblock sebelum masuk ke dalam air.

Itulah beberapa teknik berenang di laut yang perlu kamu ketahui. Utamakan keselamatan dibandingkan pengalaman menyenangkan. Ingatlah bahwa laut adalah alam yang tidak dapat kamu prediksi sehingga berenanglah dengan aman dan nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here