Pelindo IV Resmikan Kapal Pembersih Sampah Laut

0
15
Pelindo IV Resmikan Kapal Pembersih Sampah Laut

Makassar, Klanews.id – Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV meresmikan 1 unit kapal yang digunakan untuk membersihkan sampah di perairan Pelabuhan Makassar dan sekitarnya.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang mengatakan pihaknya bekerjasama dengan PT Tesco Indomaritim, salah satu perusahaan pembuat kapal di Indonesia, untuk membuat kapal pengangkut sampah dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional yang rutin diperingati setiap 21 Februari, .

“Rencananya, secara bertahap kami juga akan mengadakan lagi kapal pengangkut sampah untuk kebersihan laut di pelabuhan kelolaan lain. Agar laut di sekitar pelabuhan bersih dari sampah plastik yang berserakan,” kata Farid.

Baca Juga : KKP Gandeng Bank dan Asuransi BUMN untuk Program Pemberdayaan Nelayan

Kapal Pembersih Sampah Laut

Dia menyebutkan kapal yang diberi nama KM Skimmer ini akan membersihkan sampah-sampah di laut sekitar Pelabuhan Makassar, yakni di Dermaga Hatta Ujung, Dermaga Hasanuddin, Dermaga Soekarno, perairan depan Pertamina hingga Pelabuhan Paotere Makassar.

Setiap hari, lanjut Farid, selalu ada crew yang standby di atas kapal yang memiliki kapasitas angkut sampah 3 hingga 5 ton.

Kata dia, pengadaan kapal ini sebagai upaya untuk turut mendukung program nasional untuk membebaskan perairan laut Indonesia bersih dari sampah.

Baca Juga : Indonesia dan China: Konflik Natuna dalam Batas ZEE

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Jenna R. Jambeck dari University of Georgia, pada tahun 2010 ada 275 juta ton sampah plastik yang dihasilkan di seluruh dunia. Sekitar 4,8-12,7 juta ton diantaranya terbuang dan mencemari laut.

Indonesia memiliki populasi pesisir sebesar 187,2 juta yang setiap tahunnya menghasilkan 3,22 juta ton sampah plastik yang tak terkelola dengan baik. Sekitar 0,48-1,29 juta ton dari sampah plastik tersebut diduga mencemari lautan.

Data itu juga mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah pencemaran sampah plastik ke laut terbesar kedua di dunia. China memimpin dengan tingkat pencemaran sampah plastik ke laut sekitar 1,23-3,53 juta ton/tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here