Sosialiasi Gemarikan, KUB Perikanan Bontobahari Bulukumba Sumbang Ikan ke Ponpes Hidayatullah

0
133
Sosialiasi Gemarikan, KUB Perikanan Bontobahari Bulukumba Sumbang Ikan ke Ponpes Hidayatullah

Bulukumba, Klanews.id – Kelompok Usaha Bersama (KUB) Perikanan Kecamatan Bontobahari (KUB Doang Losbter, Kub Bambera dan KUB Kasuso Bersatu) binaan Dinas Perikanan Kabupaten Bulukumba melalui penyuluh Kecamatan Bontobahari menggelar Bakti Sosial (Baksos), Sabtu (15/2/2020).

Baksos yang dirangkaikan dengan sosialisasi Gemarikan (gerakan memasayarakatkan makan ikan) ini dilaksanakan di Yayasan Pondok pesantren Hidayatullah Desa Garanta Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba. Sekaligus memberikan bantuan berupa ikan hasil tangkap nelayan binaan, bibit ikan nila untuk kolam tanah milik pesantren.

Penyuluh perikanan Kecamatan Bontobahari Rizki awalfindy, S,Pi mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud syukur kelompok perikanan setelah mendapatkan bantuan alat tangkap (Jaring dan Perahu fiber) dari Dinas Perikanan Tahun 2019 yang lalu.

Sementara Ketua KUB Bambera, Muh. Arifin menyampaikan pihaknya memberikan bukti kelompok perikanan Kabupaten Bulukumba peduli dengan masalah-masalah sosial dan berusaha berkontribusi membantu pesantren.

Baca Juga : Menparekraf Tegaskan Pentingnya Ekosistem Kondusif dalam Pembangunan Pariwisata

Sosialiasi Gemarikan, KUB Perikanan Bontobahari Bulukumba Sumbang Ikan ke Ponpes Hidayatullah

Pimpinan pondok pesantren Hidayatullah yang membina santri 70 orang ini menyambut positif atas kegiatan yang dilakukan kelompok binaan Dinas Perikanan dan berharap bisa menjalin kerjasama program dengan yayasan yang mereka bina.

Kepala Dinas Perikanan Bulukumba, Drs. Alfian A. Mallihungan, M.Si menyampaikan kegiatan ini sangat bermanfaat dan berharap bisa menjadi contoh bagi kelompok perikanan lainnya.

Baca Juga : Gunakan Dana Desa, Kini Bulukumba Miliki Destinasi Wisata Mangrove

Dalam kesempatan itu, Alfian A. Mallihungan memberikan bantuan bibit ikan Nila untuk dibudidayakan di kolam milik pesantren.

Alfian A. Mallihungan mengajak untuk gemar memakan ikan dibanding dengan daging karena kandungan gizi dan protein daging ikan jauh lebih tinggi. Selain itu Kab. Bulukumba mempunyai sumber daya alam tinggi perihal ketersedian ikan .

Ide kegiatan ini terlaksana setelah penyuluh perikanan Kecamatan Bontobahari melakukan pertemuan-pertemuan kelompok gabungan untuk menentukan langkah kontribusi sosial yang lebih bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here