Kementerian Kelautan dan Perikanan Luncurkan SEKETIKA

0
58
Dok: Istimewa

Jakarta, Klanews.id – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tetap mengupayakan pelayanan terbaik dan cepat bagi stakeholders perikanan budidaya di tengah merebaknya pandemi corona Covid-19.

KKP baru saja meluncurkan layanan berbasis online yaitu “Seketika” yang digadang-gadang akan mempermudah stakeholders dalam melakukan proses pengajuan permohonan izin impor tanpa harus datang langsung.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto mengatakan layanan ini telah terintegrasi dengan sistem perizinan satu pintu sehingga lebih efisien dan cepat. Pemohon tinggal mempersiapkan persyaratan dalam bentuk soft copy dan mengirimnya melalui laman website yang sudah disediakan.

Lihat juga: KKP Resmi Gandeng Bukalapak untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM

“Wabah Covid-19 membuat semuanya lumpuh dan ekonomi stagnan, untuk mendorong usaha perikanan budidaya tetap berjalan maka KKP luncurkan seketika,” kata Slamet di Jakarta, Selasa (7/4/2020).

Estimasi panen komoditas perikanan budidaya diperkirakan mencapai 450 ribu ton sepanjang april hingga juni 2020. Komoditas perikanan budidaya meliputi ikan air tawar, ikan laut non udang dan udang, estimasi panen ikan air tawar sebanyak 341 ribu ton, budidaya ikan laut non udang mencapai 4 ribu ton dan Udang mencapai 104 ribu ton.

Lihat juga: Terduga Suspect Corona, Salah Satu Eselon di KKP Jalani Pemeriksaan

Panen terbanyak berada di Aceh, Bengkulu, Sumatera Utara, Lampung, Sumatera Selatan, Bali, NTB, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah. Selain sektor budidaya, KKP juga memastikan usaha perikanan tangkap harus tetap beraktivitas di tengah Covid-19.

Estimasi produksi perikanan sepanjang April hingga Juni 2020 diperkirakan akan mencapai 1,6 juta ton. Sehingga KKP akan terus berusaha agar produksi pembudidaya maupun nelayan tetap terserap.

Sejumlah strategi telah dilakukan agar perikanan budidaya terus berjalan yaitu dengan mengajak Kementerian Sosial dan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk memasukkan produk perikanan dalam paket bantuan ke masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here