Jakarta, Klanews.id – Baru-baru ini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah memasang alat penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami Warning Receiver System New Generation (WRS NewGen) milik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang dipasang di Gedung Mina Bahari III lantai 8.

“Dalam konteks mitigasi atau pengurangan risiko bencana, ini sangat bermanfaat dan saya mengapresiasi terobosan BMKG ini,” kata Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP Aryo Hanggono dalam keterangan tertulis, Sabtu, 20 Juni 2020.

Selain itu, Aryo juga menegaskan bahwa sesuai amanat Perpres Nomor 93 Tahun 2019 tentang Penguatan dan Pengembangan Sistem Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami, KKP punya tugas untuk melakukan mitigasi gelombang tsunami.

“KKP berkomitmen untuk terus melakukan mainstreaming mitigasi atau pengurangan risiko bencana dalam pembangunan kelautan dan perikanan,” kata Aryo.

Lihat juga: Mantan Menteri KKP Susi Pujiastuti Kembali Menyoroti Kebijakan KKP

Dalam keterangan terpisah, Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (P4K) KKP Muhammad Yusuf mengatakan bahwa alat WRS NewGen yang dipasang di KPP merupakan alat milik BMKG yang dititipkan di setiap kementerian atau lembaga yang ditunjuk dan disebutkan dalam Perpres No 93 Tahun 2019.

“Alat ini dapat menyajikan informasi secara cepat. Lokasi pemasangannya berada di Direktorat P4K di Gedung Mina Bahari III lantai 8,” kata Yusuf.

Lanjut Yusuf, WRS merupakan salah satu layanan yang disediakan sistem komputer BMKG sebagai sarana interaksi antara pengguna (kementerian/lembaga) dengan sistem operasi BMKG. Institusi atau lembaga yang dapat meperoleh alat ini antara lain pemerintah daerah, lembaga pemerintahan, TNI, Polri, dan media massa.

Selain itu, setiap lembaga atau institusi pengguna wajib mendaftarkan IP address kepada BMKG untuk mendapatkan informasi tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here