KKP Akan Menata Ulang Pipa Kabel Bawah Laut yang Semrawut di Kepulauan Riau

0
46

Jakarta, Klanews.id – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berencana menata ulang pipa kabel bawah laut di perairan Kepulauan Riau. Langkah ini diambil guna menghasilkan solusi dalam penyelesaian tumpang tindihnya jangkar yang saat ini masih menjadi persoalan utama di perairan tersebut.

“Sudah dirapatkan dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Akan diambil langkah-langkah cepat yang selama ini jadi bottle neck, salah satunya tentang lego jangkar,” kata Menteri KKP Edhy Prabowo dalam keterangannya, Jumat, 3 Juli 2020.

Edhy manyampaikan bahwa masyarakat saat ini harus memperoleh banyak manfaat dari potensi di daerahnya. Karena itu, berbagai masalah yang timbul terkait lego jangkar pun mesti dituntaskan.

Lihat juga: 13 Nelayan Hilang di Perairan Nias Selatan Belum Ditemukan

Selain itu, pemerintah juga saat ini tengah mendorong penyelesaikan peraturan-peraturan daerah terkait rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil (RZWP3K).

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga menyampaikan bahwa penataan pipa kabel bawah laut tak hanya akan dilakukan di Kepulauan Riau, namun juga seluruh Indonesia.

Bahkan, Luhut memastikan pemerintah sudah menyiapkan lokasi bagi pipa kabel bawah laut yang sudah habis masa kontraknya.

“Semua dulu pating sliwer (berantakan), itu habis kontraknya dia harus diarahkan ke koridor yang sudah ditentukan, seluruh Indonesia. Salah satunya di Batam ini supaya tertib,” kata Luhut.

Lebih lanjut, Luhut juga meminta pemerintah memangkas sebelas area jangkar di perairan Kepulauan Riau menjadi lima.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here