MKP Edhy Prabowo Mewajibkan Sekolah Kelautan Naungan KKP Terima Anak Nelayan

0
43
dok: istimewa

Jakarta, Klanews.id – Menteri Kelautan dan Perikanan ( MKP) Edhy Prabowo mengatakan bahwa sekolah kelautan dan perikanan yang ada di bawah naungan KKP wajib menerima anak nelayan untuk mendorong pengembangan sumber daya manusia di sektor kelautan dan perikanan.

“Kalau sekarang ini belum ada keharusan anak-anak nelayan, ke depan wajib sekolah-sekolah kita untuk menerima anak-anak nelayan. Siapa lagi yang akan mengurusi mereka kalau bukan kita,” kata Menteri Edhy dalam keterangannya, Minggu (2/8).

Menurutnya, hal tersebut selaras dengan arahan yang telah diberikan oleh Presiden Joko Widodo.

Ada beberapa unit pendidikan di bawah naungan KKP yaitu Politeknik Ahli Usaha Perikanan, Politeknik Kelautan dan Perikanan, dan Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan.

Lihat juga: Pabrik Pakan Ikan dan Udang Milik BUMN Resmi Beroperasi

Selain itu KKP juga memiliki sekolah usaha perikanan menengah (SUPM) yang tersebar di beberapa Provinsi yaitu di Aceh (Ladong), Sumatera Barat (Pariaman), Lampung (Kota Agung), dan Jawa Tengah (Tegal). Kemudian ada di Kalimantan Barat (Pontianak), Sulawesi Selatan (Bone), Maluku (Waeheru), Nusa Tenggara Timur (Kupang), dan Papua Barat (Sorong).

“Pengembangan SDM di bidang kelautan dan perikanan punya peran strategis dalam mendukung pencapaian pembangunan sektor kelautan dan perikanan secara keseluruhan,” kata Edhy.

Dengan peningkatan kualitas SDM ini, MKP berharap seluruh lulusan sekolah perikanan dapat bekerja atau menjadi pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan di berbagai daerah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here